Pengalaman: Proses dan Cara Membuat SKCK di Polres Wates Kulon Progo

Pengalaman Proses dan Cara Membuat SKCK di Polres Wates Kulon Progo

Pengalaman: Proses dan Cara Membuat SKCK di Polres Wates Kulon Progo

Setelah lulus SMA atau SMK bahkan kuliah sebagian besar dari kita pasti berencana langsung mencari pekerjaan, kecuali yang memilih mendirikan starupnya sendiri. Semua pasti menginginkan bekerja dengan enak, nyaman dan gaji besar. Konsekuensinya harus memenuhi persyaratan yang banyak bahkan terkadang njlimet untuk mendaftar. Ketika  melihat iklan lowongan pekerjaan di perusahaan besar pasti ada sebuah syarat wajib untuk dipenuhi supaya lolos seleksi awal, sebagian pasti sudah tau yaitu Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Kali ini saya akan berbagi pengalaman pribadi saat membuat SKCK di Polres Wates Kulon Progo.

Sebelum Melakukan Proses Cara Membuat SKCK, Kenali Dulu Apa Itu SKCK?

SKCK dulu lebih dikenal dengan nama SKKB (Surat Keterangan Kelakuan Baik) yaitu sebuah surat keterangan khusus mengenai catatan kejahatan seseorang yang diterbitkan oleh Polri. SKCK merupakan surat keterangan resmi terbitan institusi Polri dalam menjalankan fungsi Intelkam pada seorang pemohon atau warga masyarakat.

SKCK masa berlakunya sampai 6 (enam) bulan mulai dari tanggal diterbitkannya. Saat masa berlakunya akan habis, jika diperlukan SKCK bisa diperpanjang oleh pemegang surat yang bersangkutan.

Syarat Berkas Kelengkapan Proses Cara Membuat SKCK

Sebelum membuat SKCK sebelumnya perlu menyiapkan dan membawa beberapa berkas berikut:

Syarat dan biaya dalam pengalaman saya proses dan cara Membuat SKCK di Polres Wates Kulon Progo

Syarat dan biaya Membuat SKCK di Polres Wates Kulon Progo

  1. Surat Pengantar dari Kelurahan domisili pemohon, sesuai alamat identitas di KTP atau SIM.
  2. Fotocopy KTP atau SIM.
  3. Fotocopy Kartu Keluarga.
  4. Fotocopy Akta Kelahiran atau Kenal Lahir.
  5. Foto berwarna terbaru dengan ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar.
  6. Mengisi Form Daftar Riwayat Hidup, dapat diambil di loket pembuatan SKCK.
  7. Pembuatan kartu kode Sidik Jari (hanya dapat dilakukan di Polres), jika belum memiliki.

Pengalaman Proses Cara Membuat SKCK

Pembuatan SKCK bisa dilalukan di polsek atau Polres. Karena saya baru pertama kali membuat SKCK dan belum memiliki Kartu Sidik Jari, jadi harus membuat SKCK di Polres Wates sekalian membuat sidik jari. Namun jika kalian sudah memiliki kartu sidik jari, bisa membuatnya di polsek dan biasanya lebih cepat karena tidak banyak antrian. Tentunya tergantung keperluan juga, jangan asal membuat di polsek.


Catatan penting untuk kalian ketahui :

  1. Polsek tidak dapat menerbitkan SKCK untuk digunakan sebagai syarat :
    1. Melamar atau melengkapi persyaratan administrasi PNS atau CPNS (sekarang ASN atau Aparatur Sipil Negara).
    2. Persyaratan membuat visa atau keperluan lainnya yang bersifat hubungan antar-negara.
  2. Polsek ataupun Polres tempat menerbitkan SKCK harus atau wajib sesuai dengan alamat yang tertera pada KTP atau SIM pemohon.

  1. Proses pertama membuat Surat Pengantar dari RT.

Prosesnya diawali dengan mencari surat pengantar dari RT saya, saat itu diberi 3 form warna putih, merah dan kuning. Intinya form berisi data diri lengkap, tujuan membuat surat pengantar dibuat dan keterangan perilaku bermasyarakat secara umum di wilayah RT. Putih untuk kelurahan, merah untuk arsip kepala dusun sedangkan kuning untuk arsip RW. Setelah mengisi form kemudian minta tanda tangan pak RT dan cap kalau ada. Lanjut ke rumah pak RW untuk meminta  tanda tangan dan koreksi jika ada, lanjut lagi ke kepala dusun. Di setiap langkah akan ditanya untuk keperluan apa membuat SKCK, jadi kalau tidak mau ribet menjawab berulang-ulang harus ditulis secara detail tujuannya. Misalnya membuat SKCK untuk melamar pekerjaan di Indo*art, karena seperti catatan di atas tempat pembuatannya disesuaikan keperluan jadi kita akan langsung di arahkan langkah selanjutnya supaya tidak bolak-balik.

  1. Proses kedua membuat Surat Pengantar dari Kelurahan.

Saat di kelurahan saya langsung menuju bagian pelayanan satu pintu kemudian menyerahkan surat pengantar dari RT dan mengisi buku pengunjung. Disini juga diminta menunjukkan KTP untuk mengecek kebenaran data sekali lagi, jadi jangan lupa bawa KTPnya. Setelah selesai di print surat pengantar diperlihatkan untuk saya cek jika sudah benar kemudian tanda tangan, selanjutnya di tanda tangani sekretaris desa. Kemudian saya menuju kantor kecamatan untu meminta tanda tangan pak camat.

  1. Proses Ketiga membuat kartu sidik jari di Polres Wates.

Setelah mendapat tanda tangan pak camat saya langsung menuju ke Polres Wates yang berada di jl. Wates, kalian pasti tau jika mudik lebaran lewat jalur selatan jawa jalan nasional melewatinya. Sampai disana masuk lewat pintu barat dan parkir di bagian depan samping barat, tenang saja disana ada tukang parkir yang mengarahkan jadi tidak perlu bingung. Setelah parkir saya menuju ruang pembuatan SKCK dan BPKB karena letaknya bersebelahan. Tepatnya pintu masuk berada di sebelah samping barat gedung, berseberangan dengan masjid, tenang ada penunjuk arahnya.

Setelah masuk saya bertanya tempat pembuatan kartu sidik jari, dan di beritahu untuk masuk melalui pintu tengah antara loket pembuatan SKCK dengan loket Pembuatan BPKP. Letak tempat perekaman sidik jari berada di sebelah kanan, kemudian masuk mengisi form dilanjutkan cap jari. Form terletak di pojok sebelah tempat cap jari, tinggal ambil saja karena pembuatan sidik jari ini gratis.

Disini juga menyerahkan 2 foto berukuran 4x6cm dengan background warna merah. Karena sebelumnya saya tidak tahu backgroudnya harus merah, maka saya harus menggantinya. Tapi tenang saja di situ ada fasilitas untuk foto ulang atau scan foto yang kita bawa untuk di ganti backgroundnya, jangan ragu untuk bertanya jika salah membawa foto. Satu foto RP 1000, tinggal tunggu jadi dan bayar jadi tidak perlu ribet foto keluar. Disini juga diminta menunjukkan surat pengantar dari kelurahan, jadi usahakan bawa terus.

Selesai cap jari kemudian menunggu untuk dibuatkan kode sidik jari, tidak lama kok bisa sambil nonton TV dulu disana. Kemudian dipanggil dan diberikan kartu berisi kode sidik jari kita.

  1. Proses kempat membuat SKCK di Polres Wates.

Setelah menerima kartu kode sidik jari, saya menuju loket pembuatan SKCK. Ingat jangan sampai salah ke loket pembuatan BPKB ya, hehe. Kemudian menyerahkan persyaratan yaitu surat keterangan dari kelurahan, fotocopy KTP, foto copy Akte lahir atau kenal lahir, fotokopi Kartu Keluarga dan foto 4×6 dengan backgroud merah sebanyak 4 buah.

Lalu saya diberi form isian profil data diri (CV) pemohon SKCK dan lembar data keluarga sekaligus catatan pelanggaran yang pernah dilakukan. Tidak usah bingung mengisinya sebab di atas meja ada contohnya. Setelah selesai kemudian diserahkan kembali ke loket dan menunggu proses input data dan pencetakan SKCK, bisa sambil nonton TV juga jadi santai dan nyaman karena semua ruangan memakai AC. Beberapa saat kemudian di panggil untuk mengambil SKCK dan membayar Rp 30.000.

Setelah menerima SKCK pastikan datanya benar dan jangan langsung pulang. Lanjutkan untuk fotocopy sekalian sesuai kebutuhan.

  1. Proses kelima legalisir fotocopy SKCK.

Tempat fotocopy di Polres Wates berada di koperasi, letaknya sebelah belakang barat. Kemudian balik lagi ke loket SKCK untuk legalisir, biayanya gratis.

Hasil SKCK untuk melamar kerja dalam Pengalaman Proses dan Cara Membuat SKCK di Polres Wates Kulon Progo

Hasil SKCK untuk melamar kerja

Biaya Proses Cara Membuat SKCK

Surat pengantar RT : Rp 2.000 (untuk kas RT)

Surat pengantar Kelurahan : Rp 0 (gratis)

Pembuatan kartu sidik jari : RP 0 (gratis)

Pembuatan atau penerbitan SKCK : Rp 30.000

Fotocopy SKCK @10lembar : Rp 2.000

Legalisir Fotocopy SKCK : Rp 0 (gratis)

Parkir : Rp 2.000

Total biaya : Rp 36.000

Waktu Pelayanan Proses Cara Membuat SKCK

Senin – Jumat : 08.00-14.00

Sabtu : 08.00-11.00

Jadi tidak usah ragu lagi untuk melamar pekerjaan dengan salah satu syaratnya SKCK, karena kalian telah mengetahui Pengalaman saya dalam Proses dan Cara Membuat SKCK di Polres Wates Kulon Progo. Saya yakin di daerah lain tidak jauh beda proses dan caranya. Tunggu apa lagi segera buat SKCK kalian karena prosesnya mudah dan murah, kemudian lamar pekerjaan yang kalian inginkan. Terus ikuti ohthatisnice.com untuk mengetahui berbagai pengalaman yang akan admin bagikan, semoga bermanfaat.

author
Penulis: 
Seorang pendatang baru di dunia blogging, namun telah berpengalaman dalam jasa Review, Placements, Content Writer. I'm Blogger!

Tinggalkan pesan "Pengalaman: Proses dan Cara Membuat SKCK di Polres Wates Kulon Progo"

*