Pesona Waduk Mini Kleco Girimulyo

7 comments 1171 views
Embung mini kleco girimulyo, kulon progo, yogyakarta

Pesona waduk mini kleco girimulyo, kulon progo, yogyakarta

Waduk bukanlah hal baru dalam kehidupan masyarakat di Indonesia. Waduk memiliki peran yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi para petani. Ya, kolam besar ini memang dibuat dengan tujuan utamanya adalah untuk menyimpan air yang bisa digunakan saat musim kemarau, untuk mencegah kekeringan. Waduk berfungsi layaknya tandon air untuk persediaan. Waduk memiliki posisi yang vital dalam kelancaran pengairan sawah atau irigasi. Air yang tersimpan di waduk biasanya akan digunakan untuk mengairi sawah sehingga lahan tetap bisa digarap meski musim penghujan belum tiba.

Lebih dari itu ternyata waduk yang dikelola dengan baik juga bisa digunakan sebagai tempat untuk berolahraga, seperti renang, memancing, atau dayung. Waduk yang indah juga akan menarik wisatawan untuk berkunjung. Nah lo, sangat multifungsi, bukan? Di Indonesia sendiri terdapat banyak waduk yang bukan sekadar sebagai tandon air, melainkan juga berfungsi sebagai tempat wisata yang tidak kalah elok dengan tempat wisata lainnya.

Apakah di daerah Anda juga terdapat waduk yang memiliki fungsi lebih dari sekadar penampung air? Waduk yang tidak hanya dimanfaatkan untuk irigasi saja? Jika memang belum ada, pernahkah Anda berkunjung ke sebuah waduk yang dijadikan sebagai tempat wisata? Jika Anda juga belum pernah mendapatkan pengalaman berwisata ke sebuah waduk, Anda bisa mengunjungi Waduk Mini Kleco untuk mencoba merasakan sensasinya. Lebih-lebih bagi Anda yang sangat mengagumi keindahan alam yang benar-benar masih alami, tanpa kebisingan kota dan hiruk pikuk yang melelahkan. Waduk Mini Kleco akan membuat Anda menjadi lebih rileks dan merasakan nikmatnya menghirup udara segar tanpa campuran emisi dan polusi lainnya. Untuk sejenak hidup tanpa toksin dari eksternal tubuh.

Lokasi embung atau waduk mini Kleco Girimulyo

Waduk mini Kleco Girimulyo yang menjadi sumber pengairan baru kian mengijaukan alam Kulon Progo nan memesona ini terletak di Dusun Ngesong, Desa Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Belum pernah mendengar daerah tersebut? Tenang saja, tentu Anda akan menemukannya di Google Maps atau aplikasi penunjuk jalan lainnya. Waduk ini akan memanjakan masyarakat yang menyukai wisata alam. Dari waduk ini Anda akan diajak untuk menikmati Kulonprogo dari ketinggian. Waduk dengan volume sekitar 8.500 meter kubik ini memiliki pemandangan menakjubkan yang tidak akan mengecewakan pengunjungnya.

Temukan lokasi embung atau waduk mini kleco di google maps berikut:

Pesona waduk kleco girimulyo yang natural alam hijau dari atas gunung

Waduk Mini Kleco Girimulyo

Pesona waduk mini Kleco dan hijaunya alam girimulyo

Jika Anda mengunjungi Waduk Mini Kleco Girimulyo, Anda akan disuguhi langit biru yang bersih dan pepohonan hijau yang sedap di mata. Anda juga bisa melihat gagahnya Gunung Merapi di sore hari di waduk ini, lengkap dengan langit senja dengan semburat jingganya. Ya, Anda penggemar matahari terbenam juga tidak akan menyesal menyaksikan keindahan kembalinya sang surya ke peraduan di waduk ini. Nah, bagi Anda yang suka selfie, tentu berfoto dengan latar yang menawan adalah pilihan yang sukar untuk diabaikan. Anda bisa menambah koleksi foto Anda dengan selfie di Waduk Mini Kleco. Tentunya tanpa mengabaikan keselamatan Anda.

Fasilitas dan tiket masuk waduk mini Kleco Girimulyo

Anda tidak akan sendiri karena pesona waduk yang dibangun di atas lahan seluas 20 hektar ini telah memiliki banyak penggemar. Anda akan ditemani 20 sampai dengan 100 orang yang juga berkunjung menikmati keindahan alam Waduk Mini Kleco. Waduk ini akan semakin ramai di hari libur. Karena memang Waduk Mini Kleco cukup efektif untuk membuat liburan menjadi lebih menyenangkan, bisa membantu Anda untuk segar kembali sebelum kembali pada rutinitas yang terkadang terasa menjemukan.

Yang tidak kalah menggembirakannya adalah pengunjung tidak ditarik biaya untuk bisa menikmati waduk yang dibangun di akhir tahun 2013 ini. Ya, pengelola waduk ini, yakni Karang Taruna Dusun Ngesong, Banjaran, dan Penggung, memang menggratiskan wisatawan yang ingin mengunjungi waduk ini. Wow, benar-benar menggiurkan, bukan? Jika sebelumnya mungkin Anda harus mengeluarkan biaya untuk berlibur, bahkan sampai menguras kantong, dengan berlibur di waduk ini Anda bisa berkunjung sepuasnya secara gratis. Anda hanya akan dikenai biaya Rp2000,00 saja, itu pun kalau Anda parkir kendaraan. Jika Anda tidak memarkir kendaraan, ya uang bisa Anda simpan sepenuhnya. Jadi, Anda bisa rehat dengan cara yang sehat dan nikmat, tetapi tetap hemat.

Sayangnya, keindahan waduk ini belum didukung dengan fasilitas yang memadai, seperti gazebo, tempat bermain untuk anak-anak, dan fasilitas lainnya yang akan membuat pengujung merasa lebih nyaman. Meskipun demikian, akses jalan menuju tempat wisata alam ini cukup mudah walau belum diaspal. Saat ini masih diupayakan bantuan dari pemerintah daerah untuk memaksimalkan waduk ini menjadi tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan saat Anda berkunjung ke Kulonprogo, Yogyakarta. Mulai dari pengaspalan jalan sampai dengan pengelolaan yang lebih serius. Jika dalam kondisi yang ‘belum dipermak’ saja sudah banyak pengunjungnya, diharapkan dengan adanya pengelolaan secara serius dengan dibantu pemerintah setempat akan mendatangkan semakin banyak wisatawan. Dengan adanya tempat wisata yang memiliki banyak pengunjung, diharapkan akan meningkatkan perekonomian warga setempat, menjadi peluang bagi warga untuk berwirausaha.

Bagaimana, Anda tertarik untuk menambah pengalaman Anda dalam berwisata alam di waduk ini? Dengan semua pemandangan yang begitu memanjakan mata, tentu berwisata secara gratis sangat memikat. Menikmati pesona alami tanpa membayar sepeser pun.

Adanya Waduk Mini Kleco Girimulyo ini menjadi salah satu bukti bahwa Indonesia, khususnya Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata menarik. Dengan mengetahui berbagai potensi wisata di Tanah Air, diharapkan bisa menambah jumlah wisatawan lokal di dalam negeri. Jika di negeri sendiri saja Anda sudah bisa menemukan berbagai tempat wisata yang menawan, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk berwisata di luar negeri. Ada baiknya Anda jelajahi terlebih dahulu berbagai tempat wisata yang ada di Indonesia, mulai dari Sabang sampai dengan Merauke, baru setelahnya melancong ke luar negeri.

Kita sebagai masyarakat Indonesia dari daerah mana pun wajib bersyukur atas karunia Tuhan, terutama menyoal keindahan alam Ibu Pertiwi yang sangat memukau, bahkan mengundang banyak wisatawan asing.

Nah, untuk membantu pemintah dalam promosi tempat wisata di Indonesia, termasuk di antaranya tempat wisata yang ‘masih tersembunyi’ alias belum terlalu terekspos, seperti Waduk Mini Kleco ini, Anda bisa memanfaatkan akun sosial media yang dimiliki. Mengunggah foto tempat wisata yang pernah dikunjungi di facebook, instagram, twitter, path, dan lain sebagainya untuk membantu tempat wisata lokal muncul ke permukaan. Mengundang wisatawan lain secara tidak langsung dengan pesona alam yang terbingkai dalam jepretan.

Baca Juga Indramayu Kota Wisata, Surga Baru Traveler sebagai wujud membantu pemerintah kabupaten indramayu dalam mengembang destinasi pariwisatanya.

Demikianlah sedikit informasi seputar waduk memesona di Girimulyo, yakni Waduk Mini Kleco. Semoga waduk ini bisa menjadi salah satu referensi berlibur bersama kerabat atau sahabat yang menyenangkan dan sangat ramah di kantong. Semua deskripsi terkait Waduk Mini Kleco di atas tentu tidak akan mewakili keindahan sebenarnya. Jika Anda ingin mendapatkan gambaran sesungguhnya yang lebih jelas, detail, dan nyata, silakan Anda berkunjung ke Yogyakarta. Memasukkan Waduk Mini Kleco ke dalam daftar tempat wisata Anda. Selamat berlibur!

author
Penulis: 

Seorang pendatang baru di dunia blogging, namun telah berpengalaman dalam jasa Review, Placements, Content Writer.
I’m Blogger!

  1. Destinasi Wisata Puncak Suroloyo - OTIN2 tahun ago

    Selain pesona waduk mini kleco girimulyo di Kulon Progo juga tedapat wisata di atas ketinggian lain. Salah satunya Destinasi Wisata Puncak Suroloyo, jadi jangan di lewatkan.

    Balas
  2. author

    AN-NAHL GROUP2 tahun ago

    Subahanalloh indahnya ciptaan Allah swt

    Balas
    • author
      Penulis

      admin2 tahun ago

      untuk lebih mensyukuri keindahan ciptaan allah, salahkan berkunjung 🙂

      Balas
  3. Menyelami Indahnya Cave Tubing Kalisuci Gunung Kidul - OTIN2 tahun ago

    Mampirlah ke daerah wisata di Kulon Progo, Sleman, Bantul, dan Gunung kidul, jangan hanya terpaku di kota Jogja.

    Balas
  4. author

    Wahyu Alfiansyah2 tahun ago

    waw indah sekali

    Balas
    • author
      Penulis

      admin2 tahun ago

      Untuk lebih menikmati keindahannya silahkan berkunjung

      Balas
  5. Curug Setawing, Air Terjun Bertingkat Pegunungan Menoreh - OTIN2 tahun ago

    Setelah menikmati keindahan waduk mini kleco Girimulyo, anda bisa melanjukan ke Curug Setawing, Air Terjun Bertingkat Pegunungan Menoreh

    Balas

Tinggalkan pesan "Pesona Waduk Mini Kleco Girimulyo"

*