Pesona Indramayu Kota Wisata, Pulau Biawak VS Pulau Komodo

Tidak ada komentar 1360 views
Pesona Indramayu Kota Wisata, Pulau Biawak VS Pulau Komodo

Pesona Indramayu Kota Wisata, Pulau Biawak VS Pulau Komodo

Pesona Indramayu Kota Wisata, Pulau Biawak VS Pulau Komodo – Saat ini semua orang mengenal pulau Komodo, bahkan masyarakat dunia pun mengakuinya. Namun masih sedikit orang yang mengenal saudara kecil dari Komodo, yaitu Biawak yang juga menghuni satu pulau di pulau Biawak. Lalu apakah hubungan dan kenapa saya mengulas keduanya? Simak pembahasannya di bawah ini!

Biawak dengan Komodo memiliki struktur tubuh yang sangat mirip jika dilihat dari luar, keduanya memiliki penciuman yang sangat kuat serta sesama pemakan daging atau karnivora. Uniknya lagi mereka sama-sama menghuni pulau tersendiri dan dianggap jenis hewan purbakala yang masih hidup serta eksis di zaman ini.

Mengangkat Pesona Indramayu Kota Wisata Lewat Ketenaran Pulau Komodo

Menurut salah satu cerita saat tahun 1910 salah seorang Belanda memberi julukan pulau yang berada di sisi selatan dari Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan nama Pulau Komodo. Cerita tersebut berawal ketika Letnan Steyn Van Hens Broek ingin mencoba buktikan laporan dari pasukan Belanda jika terdapat hewan besar yang menyerupai naga pada pulau tersebut. Steyn kemudian membunuh satu ekor Komodo, kemudian membawa hasil dokumentasinya menuju Museum and Botanical Garden yang berada di Bogor dengan tujuan diteliti.

Letak Pulau Komodo

Pulau Komodo merupakan salah satu dari ribuan pulau di indonesia yang memiliki keunikan tersendiri dengan Komodonya, sehingga membuatnya sangat terkenal. Secara geografis letaknya berada di gugusan Kepulauan Nusa Tenggara, tepatnya berada di sebelah timur dari pulau Sumbawa yang terpisahkan oleh Selat Sape. Saat ini wilayahnya dijadikan sebagai kawasan Taman Nasional Komodo dan dikelola langsung dari Pemerintah Pusat.

Pulau Komodo secara administratif masuk dalam wilayah Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur tentunya masih dinegara Republik Indonesia. Pulau Komodo terdapat di ujung paling barat dari Nusa Tenggara Timur, sehingga berbatasan secara langsung dengan Nusa Tenggara Barat.

Populasi Komodo

Sampai Saaat ini hewan komodo masih hidup serta berkembang biak dengan sangat baik. Data yang tercatat sampai bulan Agustus 2009, di pulau Komodo terdapat kurang lebih 1300 ekor komodo. Jumlah ini masih lebih banyak lagi, sebab komodo juga hidup di beberapa pulau sekitarnya. diantaranya Pulau Rinca serta Gili Motang. Sehingga jika di total jumlah keseluruhannya kurang lebih mencapai 2500 ekor. Tak hanya itu, karena di Cagar Alam Wae Wuul juga hidup sekitar 100 ekor komodo, namun tempat ini tidak masuk dalam wilayah Taman Nasional Komodo karena berada di Pulau Flores.

Pesona Lain dari Pulau Komodo

Pada pulau komodo, tidak hanya menikmati komodo saja yang menjadi icon wisata. Di pulau ini masih tersimpan eksotisme flora yang sangat beragam, diantaranya yang terkenal adalah kayu sepang serta pohon Nitak. Kayu sepang telah lama digunakan masyarakat sekitar sebagai obat serta bahan pewarna pakaian. Jenis pohon Nitak atau dalam bahasa ilmiahnya disebut Sterculia Oblongata juga diyakini bermanfaat untuk obat, sedangkan bijinya sangat gurih serta enak untuk dimakan. Rasa dari biji Nitak mirip kacang polong, sangat cocok untuk camilan.

Penghargaan Internasional Pulau Komodo

Taman Nasional Komodo telah diterima menjadi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, yang di dalamnya terdapat pulau Komodo, pulau Rinca, pulau Padar serta Gili Motang.

Bahkan pada tahun 2009, Taman Nasional Komodo menjadi salah satu finalis kontes pemilihan 7 keajaiban dunia baru “New Seven Wonders of Nature”. Pemilihan yang dilakukan melalui voting secara online di situs www.N7W.com yang telah dilakukan tahun 2010 lalu. Pada pengumuman sementara saja pada 11 November 2011, Taman Nasional Komodo telah mendapatkan suara terbanyak ke 2 menurut rilis New 7 Wonders. Hal ini tentunya sangat membanggakan, karena bersaing dengan posisi pertama Table Mountain serta Hutan Amazon, Air Terjun Iguazu, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, Pulau Jeju, Teluk Halong.

Baca juga : Indramayu Kota Wisata, Surga Baru Bagi Para Traveler

Pesona Indramayu Kota Wisata di Pulau Biawak

Pulau Biawak adalah salah satu pulau dengan keunikan mirip seperti pulau komodo, karena memiliki penghuni khas Biawak (komodo versi mini) dalam bahasa ilmiahnya Varanus salvator. Pulau Biawak memiliki nama asli pulau Rakit, namun sekarang lebih dikenal dengan nama Pulau Biawak, Menyawak atau Bompyis. Hewan Biawak merupakan penghuni mayoritas, sehingga banyak dijumpai pada pulau tersebut.

Letak pulau Biawak

Secara geografis pulau Biawak termasuk dalam gugusan kepulauan Biawak yang tediri atas 3 pulau, yaitu pulau Biawak, pulau Candikian serta pulau Gosong. Sedangkan secara administratif terdapat di kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Indonesia. Nama kepulauannya diambil dari nama hewan biawak yang hidup di kepulauan ini.

Menuju Pulau Biawak

Kepulauan ini bisa ditempuh memakai perahu motor start melalui pelabuhan Karangsong, Indramayu selama 3 hinga 4 jam.

Namun sebelum melakukan, diwajibkan melakukan koordinasi lebih dahulu kepada Dinas Perikanan dan Kelautan Indramayu. Hal ini untuk mengetahui kondisi perairan Laut Jawa yang memiliki gelombang lumayan berbahaya. Kemudian melalui dinas tersebut, para wisatawan akan mendapat izin serta informasi penting untuk menuju ke pulau Biawak. Lebih enaknya lagi wisatawan tak perlu repot mencari perahu, sebab dinas juga telah mempersiapkan beberapa perahu yang ditujukan untuk menyebrang ke pulau Biawak.

Pesona Pulau Biawak

Pulau biawak menjadi salah satu destinasi pariwisata yang sangat menarik dikunjungi, sebab disini anda dapat menemukan komodo versi lebih kecil (mini) jadi tidak perlu jauh-jauh sampai ke kepulauan komodo. Selain itu jarak tempuh serta sarana transportasi untuk menjangkau lokasinya lebih mudah, tentunya akan lebih menghemat biaya juga membantu wacana Pemkab menjadikan Indramayu Kota Wisata.

Pendidikan serta Pengamatan Biawak

Pesona Indramayu Kota Wisata, pengamatan Biawak

Pesona Indramayu Kota Wisata, pengamatan Biawak

Biawak menjadi satwa yang tergolong unik sebab hidup pada habitat air asin. Tiap menjelang terbenamnya matahari (sunset), para biawak yang memiliki panjang antara 20 cm sampai 1,5 meter akan terlihat berenang pada tepian pantai. Sebab, ketika senja memang waktunya mereka berburu ikan sebagai makanannya.

Snorkling serta Diving

Pesona Indramayu Kota Wisata, terumbu karang di pulau biawak

Pesona Indramayu Kota Wisata, terumbu karang di pulau Biawak

Pulau ini juga terkenal dengan pesona wisata bahari yang mempunyai taman laut serta bermacam ikan yang begitu indah dilengkapi juga terumbu karang nan asri.sehingga sangat cocok untuk diving maupun snorkling.

Mercusuar Peninggalan Belanda

Pesona Indramayu Kota Wisata, mercusuar pulau Biawak

Pesona Indramayu Kota Wisata, Mercusuar pulau Biawak

Adanya kepulauan Biawak sangat berbahaya untuk jalur pelayaran kapal laut yang lalu-lalang di sekitar kepulauan ini. Jadi tidak heran jika bangsa Belanda pada masa penjajahan membangun sebuah menara mercusuar. Mercusuar memiliki ketinggian kurang lebih 65 meter ini dibangun pada masa pemerintahan ZM Willem sekitar tahun 1872. Sampai saat ini, bangunan tersebut masih berdiri kokoh sebagai pemandu berbagai kapal berukuran besar maupun kecil melintas di sekitarnya.

Wisata Religi

Pesona Indramayu Kota Wisata, wisata religi

Pesona Indramayu Kota Wisata, wisata religi

Selain pesona alanya pulau ini juga menyimpan wisata religi berupa makam, biasa didatangi sebagai tempat ziarah. Makam tersebut menurut beberapa sumber merupakan makam Syekh syarif Khasan. Menurut cerita, beliau menjadi salah satu pengikut Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah), salah seorang dari sembilan Wali penyebar agama Islam termasyur di pulau Jawa.

Demikian sedikit ulasan mengenai Pesona Indramayu Kota Wisata, Pulau Biawak VS Pulau Komodo. Tulisan ini bukan bermaksud untuk membandingkan serta memilih destinasi wisata terbaik, namun untuk memperkenalkan keduanya yang memiliki keunikan serta kemiripan hewan penghuninya.

Referensi:

WikipediaKaskus, indramayukab.go.id, disparbud.jabarprov.go.id

author
Penulis: 
Seorang pendatang baru di dunia blogging, namun telah berpengalaman dalam jasa Review, Placements, Content Writer. I'm Blogger!

Tinggalkan pesan "Pesona Indramayu Kota Wisata, Pulau Biawak VS Pulau Komodo"

*