Menikmati Soto Gerabah Solo, Pesona Kuliner Jawa Tengah

Tidak ada komentar 2167 views
wisata Kuliner Soto Gerabah Solo, jawa tengah, indonesia

Soto Gerabah Solo, Jawa Tengah

Solo merupakan kota wisata yang banyak dikunjungi oleh turis lokal maupun mancanegara. Solo juga menjadi ikon kekuatan pesona wisata budaya di Jawa, sehingga dikenal dengan sebutan “Spirit of Java”. Salah satunya ditandai dengan masih berdiri dengan kokohnya keraton Sukarata dan pemerintahannya Kerajaan yang masih aktif hingga sekarang. Hal ini menjadi pendorong bagi banyaknya pengunjung yang mampir ataupun sengaja datang ke Solo.

Kedatangan wisatawan tentu mendorong masyarakat untuk berfikir kreatif dalam menyikapinya. Salah satunya bagi para pelaku usaha di bidang kuliner untuk menjajakan makanan khas kota Solo, Jawa Tengah. Tujuannya supaya dagangannya selalu diburu para pecinta kuliner asing maupun dalam negeri, sekaligus menjadi icon pesona wisata kuliner daerah tersebut. Salah satu inovasi kreatif dalam bidang kulinernya adalah Soto.

Soto merupakan salah satu hidangan berkuah yang banyak dijumpai diberbagai kota di Indonesia. Soto di masing-masing kota memiliki jenis dan resep yang berbeda. Selain rasa yang berbeda, penamaan dari soto daerah satu dengan yang lain juga akan berbeda-beda. Biasanya nama yang digunakan oleh setiap Soto yang ada di Indonesia itu mengikuti nama dari daerah pembuatan soto tersebut. Ada Soto yang berasal dari Kudus yang disebut dengan Soto Kudus, yang berasal dari Jakarta dinamai dengan Soto Betawi, di Makasar ada Coto Makasar, di Pekalongan ada Tauco. Solo juga memiliki Soto yang menjadi salah satu Icon kuliner Jawa Tengah yaitu Soto Gerabah.

Soto gerabah menjadi salah satu alasan bagi pengunjung untuk selalu kembali mengunjungi kota Solo. Sajian dengan resep khas Solo membuat sensasi rasanya jelas berbeda ketika mencicipi Soto ini, dibandingkan dengan jenis Soto di daerah lainnya.

Keunikan Warung Makan Kuliner Soto Gerabah

Kota Solo sendiri memang sudah terkenal dengan kuliner Jawa yang kental. Salah satunya hadir dengan menu utama Soto Gerabah yang dibuat dengan resep Jawa Solo. Sajian menunya diracik dengan campuran bumbu yang kaya akan rempah-rempah dan dicampur dengan nasi terkadang juga ditambahkan lauk tempe, perkedel dan sate telur puyuh. Dalam penyajiannya pun memiliki keunikan, sebab menggunakan sebuah mangkuk gerabah serta sendok juga terbuat dari gerabah. Tentu cara penyajian ini membuat nuansa menikmati soto ini menjadi lebih menyenangkan. Ditambah lagi rasanya yang sangat lezat menjadikan satu mangkuk Soto rasanya masih kurang, maunya selalu tambah terus. Apalagi tambahan perasan jeruk nipis dan sambal yang menjadikan sajian soto ini bertambah nikmat.

Terdapat salah satu kedai Soto Gerabah yang wajib dicoba, yaitu milik Pak Hari. Selain sajiannya bercitarasa kuliner khas, warung Sotonya juga menyuguhkan aksen khas Jawa Tengah dengan penggunaan bambu sebagai bahan utama dalam mendirikan bangunan warung. Sembari menikmati suguhan Soto Gerabah dengan cita rasa yang nikmat, pengunjung juga disuguhi dengan alunan merdu musik bernuansa asli Solo.

Lokasi Warung Makan Kuliner Soto Gerabah

Hari Wiryawan pencetus soto gerabah

Hari Wiryawan pencetus soto gerabah

Tempat makan yang dimiliki oleh bapak Hari Wiryawan (49 tahun) dan Istri lebih dikenal dengan sebutan Warung Makan Soto Gerabah Pak Hari. Sejarah awal pembuatan warung makan ini tercetus dari ide bapak Hari bersama istrinya yang berencana untuk membuat usaha kuliner dengan cita rasa dan penampilan berbeda. Pak Hari dan istri memilih Soto, karena relatif mudah dibuat. Pada tahun 2007 warung Soto Gerabah Pak Hari mulai dibuka dan dijajakan di daerah Solo Baru, Sukoharjo. Namun tahun 2008 lalu, Warung Soto pindah ke Jl Prof. Dr. Supomo No. 7, Pasar Beling, Solo.

Meskipun warung Soto Gerabah pak Hari sudah membuka beberapa cabang di pulau Jawa, antara lain di Tangerang dan Yogyakarta. Tetap tidak puas jika belum datang langsung ke asalnya, karena warung yang berada di Solo dikelola secara  langsung oleh pak Hari dan keluarganya.

Penghargaan Kuliner Soto Gerabah

Soto Gerabah yang dimiliki oleh bapak Hari telah menghasilkan beberapa piagam penghargaan dari pemerintah. Selama mengikuti beberapa pameran UKM di festival kuliner, pak Hari dengan Soto Gerabahnya selalu mengantongi piagam. Hal ini bisa dibuktikan dari piala dan beberapa piagam penghargaan yang terpampang di lemari salah satu pojok warung makan tersebut.

Racikan Kuliner Soto Gerabah Pak Hari

Pengaruh dari penggunaan gerabah memberikan sensasi tersendiri bagi sotonya, yaitu terasa lebih segar. Bumbu yang diracik sebenarnya sama seperti bumbu yang ada di dalam Soto lainnya. Namun, bumbu Soto Gerabah memang sudah diracik dalam sedemikian rupa oleh bapak Hari sendiri. Rasa manis yang sedikit menyeruak diimbangi dengan potongan-potongan bawang putih yang membuatnya lebih gurih nan segar. Semua terangkum dalam kuah hangat beserta nasi, sayuran, dan daging ayam. Apalagi bisa ditambah dengan lauk-pauk yang tersedia.

Ada juga kuliner pelengkap yang paling favorit, yaitu tempe gorengnya yang terasa kering dan renyah. Soto hangat ditambah dengan tempe goreng renyah memang mampu membuat kita ketagihan untuk datang dan mencoba lagi kekhasan rasa yang di warung Soto Gerabah pak Hari.

Harga Kuliner Soto Gerabah Pak Hari

Untuk harga dari semangkuk soto tersebut tergolong murah, yaitu hanya dengan Rp 7.000,00 per porsi. Selain itu warung Soto Gerabah ini tidak hanya menjual soto saja tetapi juga ada nasi pecel serta aneka penyetan dengan harga mulai dari Rp 4.000,00 per porsinya.

Warung soto gerabah  yang mempunyai sejumlah prestasi di bidang kuliner ini, juga mempunyai binaan pengrajin gerabah di Brayat, Klaten, dan juga membantu dalam proses distribusinya. Itu adalah salah satu alasan dari bapak Hari untuk menggunakan gerabah sebagai perlengkapan pendukung untuk warungnya.

Begitulah ulasan dari nikmatnya hidangan khas Solo yaitu Soto Gerabah. Bagi siapapun yang berkunjung ke kota Solo, sempatkan untuk mampir di warung Soto Gerabah milik pak Hari dan istrinya tersebut. Setelah membaca ulasan ini, dijamin perjalanan anda akan terasa kurang bila tidak mampir terlebih dahulu menikmati cita rasa dan keunikannya. Bahkan wisatawan lokal banyak yang mengakui kelezatan dan keunikannya. Keunikan lain dari Soto Gerabah Solo adalah dapat dinikmati dengan minuman atau wedang dari ramuan jamu Tradisional Solo, Jawa Tengah.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah @VisitJawaTengah (www.twitter.com/visitjawatengah)

author
Penulis: 
Seorang pendatang baru di dunia blogging, namun telah berpengalaman dalam jasa Review, Placements, Content Writer. I'm Blogger!

Tinggalkan pesan "Menikmati Soto Gerabah Solo, Pesona Kuliner Jawa Tengah"

*