Memilih Judul Artikel Blog Terbaik Untuk SEO Friendly

2 comments 326 views
Tips Memilih Judul Artikel dan URL Blog Terbaik Untuk SEO Friendly

Memilih Judul Artikel Blog Terbaik Untuk SEO Friendly

OTIN Kali ini membahas mengenai tutorial Memilih Judul Artikel Blog Terbaik Untuk SEO Friendly. Memiliki banyak pengunjung merupakan cita-cita sebagian besar blogger. Ada perasaan puas dan kebanggaan tersendiri saat mengetahui bahwa pengunjung blog demikian banyak. Blog yang dibuat digemari banyak orang, perkembangan blog diikuti, dan postingannya selalu ditunggu-tunggu adalah suatu pencapaian besar bagi seorang blogger. Kehadiran pengunjung dalam blog sudah semacam apresiator yang diidamkan oleh pencetus karya. Begitu pula sebaliknya kalau ternyata blog yang dibuat sepi alias tidak berpengunjung atau jarang ada kunjungan, rasa yang muncul adalah kecewa, malas untuk ngeblog, dan lain sebagainya.

Faktanya, memiliki banyak pengunjung, terlebih memiliki pelanggan alias pengunjung setia, memang gampang-gampang susah. Yang selalu menjadi kendala adalah pengetahuan dan kemampuan serta tingkat kesabaran pemiliki blog. Sudah menyerah dan pesimis ketika setelah beberapa lama ternyata tidak terjadi peningkatan jumlah pengunjung atau bahkan nol pengunjung. Atau belum begitu mengerti dunia blog, belum tahu cara membikin blog yang digemari, belum menguasai pengetahuan seputar blog. Jika yang kedua adalah penyebabnya, maka seorang blogger harus belajar, belajar, dan belajar untuk menjadi lebih baik. Karena memang membuat blog menjadi idola, menjadi referensi utama, tidak cukup waktu sehari, seminggu, tetapi paling cepat sampai satu bulan.

Memang ada banyak cara yang bisa diupayakan untuk memiliki banyak pengunjung. Satu di antaranya adalah melalui memilih judul artikel blog terbaik untuk seo friendly. Ini adalah hal utama yang harus diperhatikan mengingat kali pertama yang dibaca calon pengunjung atau para pencari informasi di internet adalah judul. Ketidaktepatan dalam pemilihan judul akan berakibat fatal. Judul yang baik akan membuat pengguna internet semakin tertarik untuk berkunjung, demikian pula sebaliknya. Meskipun blog bagus atau keren, jika saat dibaca calon pengunjung judulnya kurang menarik, bukan tidak mungkin blog akan diabaikan. Nah lo, jadi sayang bukan?

Lantas bagaimana cara agar judul yang dipilih tepat dan cepat terindeks oleh mesin pencari? Membuat blog Anda muncul di halaman depan saat calon pengunjung memasukkan kata kunci, kemudian dipilih pengunjung setelah judul blog dibaca. Ingin tahu caranya? Berikut tips yang bisa Anda ikuti untuk memilih judul blog yang baik sehingga menjadi SEO friendly.

Baca Juga : Cara Memilih Desain Template Blog yang Baik

Tips Memilih Judul Artikel Blog Terbaik Untuk SEO Friendly :

  1. Lakukanlah riset terkait kata kunci yang sering digunakan pengunjung dalam menggunakan mesin pencari. Tentunya Anda terlebih dahulu harus menentukan tema dari blog Anda. Untuk mencari kata kunci populer, Anda bisa memanfaatkan layanan gratis yang disediakan oleh Google, yakni Google Adwords: Keyword Tools. Dari sekian banyak kata kunci yang terdapat dalam daftar kata kunci, pilihlah kata kunci yang paling sesuai, unik, dan mudah diingat.
  2. Kata kunci yang telah Anda dapatkan kemudian gunakanlah sebagai judul blog. Usahakan untuk tidak memilih judul yang tidak mengandung kata kunci.
  3. Gunakanlah judul yang pendek dan mudah diingat. Panjang judul blog hendaknya tidak lebih dari tiga kata. Kependekan judul ini akan memudahkan pengguna internet untuk mengingat. Jangan menggunakan kata-kata yang sulit diingat. Semakin mudah judul blog untuk diingat, semakin besar kemungkinan pengunjung kembali. Namun, hendaknya judul blog juga bisa mewakili isi blog secara keseluruhan. Satu hal yang harus Anda hindari adalah, memilih judul yang menggunakan tanda penghubung atau angka. Judul blog dengan dua unsur tersebut akan sulit untuk diingat, orang akan lebih mudah mengingat nama daripada tanda penghubung atau angka.
  4. Pilihlah URL atau link yang pendek. Seperti halnya judul blog, URL dan link yang pendek juga akan membuat pengunjung lebih mudah untuk mengingat blog Anda. Sebaliknya, URL atau link yang panjang akan sulit diingat dan pengunjung cenderung malas untuk mengetiknya di address bar. Faktanya memang beberapa pengunjung lebih suka mengetik apa yang dicarinya langsung pada address bar, supaya bisa langsung terhubung dengan laman atau blog yang dicari, tidak repot dengan pilihan laman atau blog lainnya.

Baca juga : Cara Pasang Alexa Rank Tetap Gratis Terbaru 2016

Itulah tadi beberapa cara dalam Memilih judul artikel blog terbaik untuk seo friendly. Dengan melakukan cara di atas akan membuat blog Anda lebih mudah terindeks dalam mesin pencari. Untuk hasil yang maksimal, hendaknya Anda melengkapinya dengan pemilihan judul postingan atau artikel yang baik pula. Pilihlah judul artikel yang baik dengan cara yang sama dengan memilih judul blog, yakni dimulai dari riset terhadap kata kunci yang sering digunakan pengunjung dalam mencari informasi yang diinginkan. Kemudian dilanjutkan dengan memilih judul yang sesuai dengan hasil riset dan relevan dengan isi artikel. SEO sangat menyukai postingan yang relevan dengan isinya, lebih-lebih postigan yang baru dan original.

Pemilihan judul blog seringkali kurang diperhatikan. Hal ini karena biasanya persiapan yang dilakukan sebelum membuat blog kurang matang, kurang diperhitungkan baik-baik. Akibatnya, dalam memilih judul blog kerapkali secara spontan dan mungkin terkesan ‘yang penting ada dan tersedia’. Padahal pemilihan judul ini lebih penting daripada pemilihan desain atau template blog. Selama ini blogger baru cenderung sibuk memperindah blognya dengan tujuan agar menarik pengunjung. Padahal blog Anda tidak akan dilihat pengunjung secara keseluruhan sebelum blog Anda diklik atau dipilih untuk dikunjungi. Oleh sebab itu, hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum memperindah fisik blog adalah dengan memperbaiki judul blog, karena mesin pencari tidak menampilkan blog secara utuh untuk direkomendasikan kepada pengunjung saat kata kunci dimasukkan di Search Engine. Judul blog menjadi umpan untuk memancing pengunjung agar memilih blog Anda di antara pilihan blog atau laman lain yang sejenis. Judul yang baik akan membuat pencari informasi di internet tertarik untuk ‘klik’ alias memilih blog Anda untuk dibaca, meski blog Anda tidak menempati urutan nomor satu dalam daftar yang direkomendasikan.

Wah, berarti posisi judul blog sangat penting ya dalam menentukan keberhasilan suatu blog. Bagaimana, apakah judul yang Anda gunakan untuk blog Anda sudah baik dan bisa menarik pengunjung? Jika sudah, manjakanlah pengunjung blog Anda agar tidak berpaling dan tetap setia menjadi pelanggan. Jika belum, sudah saatnya Anda meninjau kembali judul blog Anda untuk mendapatkan pengunjung blog yang banyak. Semakin banyak orang yang membaca blog Anda, berarti semakin bernilai blog tersebut dan tentunya semakin bermanfaat.

Semoga informasi memilih judul artikel blog terbaik untuk seo friendly di atas dapat menambah wawasan terkait pentingnya sebuah judul blog dan bagaimana cara memilih judul blog yang baik. Jangan lupa untuk menghindari hal-hal yang dilarang dalam memilih judul blog jika Anda menginginkan hasil yang maksimal. Sekali lagi ingat, perencanaan yang matang dalam membuat blog perlu diperhatikan betul-betul, karena perencanaan yang baik akan mendatangkan hasil yang baik pula, termasuk di antaranya adalah memilih judul blog yang baik. Perencanaan harus benar-benar matang agar pencapaian lebih optimal. Selamat mengoptimasi blog anda, selamat berkarya!

author
Penulis: 
Seorang pendatang baru di dunia blogging, namun telah berpengalaman dalam jasa Review, Placements, Content Writer. I'm Blogger!
  1. Cara Memilih Desain Template Blog yang Baik - OTIN2 tahun ago

    Meskipun judulnya menarik jika templatenya tidak responsive, bisa ditinggalkan pengunjung. Jadi pelajari juga Cara Memilih Desain Template Blog yang Baik.

    Balas
  2. Jasa SEO Backlink Murah dan Berkualitas | OTIN2 tahun ago

    SEO tidak hanya terpaku pada judul yang menarik, salah satunya memanfaatkan backlink yang dibuat sendiri maupun melalui jasa. Berikut contoh Jasa SEO Backlink Murah dan Berkualitas.

    Balas

Tinggalkan pesan "Memilih Judul Artikel Blog Terbaik Untuk SEO Friendly"

*