Mayuh Plesir Maring Banjarnegara, Ayo Wisata ke Banjarnegara

2 comments 1036 views
Mayuh Plesir Maring Banjarnegara, Ayo Wisata ke Banjarnegara. Mulai dari Gerbang Alun-alun Banjarnegara

Mayuh Plesir Maring Banjarnegara, Ayo Wisata ke Banjarnegara. Mulai dari Gerbang Alun-alun Banjarnegara

Mayuh Plesir Maring Banjarnegara, Ayo Wisata ke Banjarnegara – Kesempatan ini sesuai tema kita akan mengenalkan berbagai potensi wisata yang ada di banjarnegara. Karena begitu banyak potensi wisata yang begitu menakjubkan, namun belum banyak yang mengetahuinya. Kebanyakan masyarakat hanya mengenal detinasi wisata dataran tinggi Dieng.

Sesuai dengan keinginan pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk memajukan destinasi wisata. Maka tahun ini mengusung sebuah tema atau tagline “ Mayuh Plesir Maring Banjarnegara atau Ayo Wisata ke Banjarnegara ”. Sebagai ajakan bagi semua wisatawan lokal maupun luar daerah untuk mengunjugi berbagai potensi wisata yang tengah bergeliat maju.

Tagline tersebut tentunya tak main-main dicetuskan Disbudpar Banjarnegara. Dukungan pengembangan fasilitas, penataan wilayah sampai berbagai festival digarap dengan serius. Tak perlu panjang lebar dan membuat kalian semakin penasaran. Berikut berbagai potensi wisata Kabupaten Banjarnegara.

Potensi Pertama Mayuh Plesir Maring Banjarnegara, Ayo Wisata ke Banjarnegara Destinasi Wisata Air

Mayuh Plesir Maring Banjarnegara, Ayo Wisata ke Banjarnegara Destinasi Wisata Air Terjun atau Curug

Curug Genting

Nikmati Keindahan Curug Genting. Mayuh Plesir Maring Banjarnegara, Ayo Wisata ke Banjarnegara

Curug Genting

Curug Genting masuk dalam kawasan desa wisata Giritirta. Berketinggian kurang lebih sekitar 70 meter tawarkan kesejukan dan keindahan. Cucuran air terjun menghantam dasar bebatuan hasilkan percikan embun air beterbangan disertai suara gemercik air makin membuat suasana terasa nyaman, sampai lupa waktu nikmati indahnya suasana alami.

Curug Mrawu

Nikmati Keindahan Curug Mrawu. Mayuh Plesir Maring Banjarnegara, Ayo Wisata ke Banjarnegara.

Curug Mrawu
Sumer : eventbanjarnegara.com

Curug Mrawu berada dalam satu area dengan curug Genting di desa wisata Giritirta, jaraknya hanya sekitar 1 kilometer. Curug Mrawu berada di sungai mrawu, salah satu dari anak sungai Serayu. Ketinggian curug ini kurang lebih hanya 50 meteran, namun di sini sangat leluasa untuk berenang karena terdapat kolam lumayan luas.

Curug Muncar

Nikmati Keindahan Curug Muncar. Mayuh Plesir Maring Banjarnegara, Ayo Wisata ke Banjarnegara.

Nikmati Keindahan Curug Muncar.

Curug Muncar terdapat di kawasan perhutani mempunyai tinggi 40 meteran. Lokasi tepatnya berada di lereng dari gunung Ragajambangan. Airnya begitu menyejukkan khas kaki gunung dengan kondisi masih sangat alam dan terawat sangat baik.

Curug Pitu

Nikmati Keindahan Curug Pitu. Mayuh Plesir Maring Banjarnegara, Ayo Wisata ke Banjarnegara.

Curug Pitu

Curug Pitu menawarkan daya tarik utama Air terjun dengan jumlah tujuh tingkatan mulai dari curug tingkat pertama paling bawah, sampai curug ke tujuh berada di tingkat teratas. Curug Pitu letaknya di Desa Kemiri, Kecamatan Sigaluh atau kurang lebih 10 kilometer kearah timur laut pusat kota Banjarnegara. Akses menuju Curug Pitu bisa ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 1,5 kilometer dari jalan raya.

Curug Sikopel

Nikmati Keindahan Curug Sikopel Mayuh Plesir Maring Banjarnegara, Ayo Wisata ke Banjarnegara.

Curug Sikopel

Curug Sikopel  berada di Babadan,  Pagentan,  Kabupaten Banjarnegara. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 70 meter. Hijaunya alam sekitar curug tawarkan panorama alami dengan kesejukannya. Destinasi wisata curug Sikopel sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dengan merasakan kesegaran air dari hulu Kawah Sileri. Tunggu apa lagi? Ayo Wisata ke Banjarnegara, Nikmati Curug Sikopel 70 Meter

Curug Sirawe

Nikmati Keindahan Curug Sirawe Mayuh Plesir Maring Banjarnegara, Ayo Wisata ke Banjarnegara.

Curug Sirawe

Curug atau air terjun Sirawe terletak di arah barat tak jauh dari kawasan wisata Dieng, tepatnya berada di dusun Bitingan, Desa kepakisan. Ketinggiannya sekitar 80 meter dikelilingi pegunungan hijau menjadikannya begitu sejuk. Uniknya pada curug ini memiliki sumber air panas dan dingin menyatu pada sebuah kolam.

Mayuh Plesir Maring Banjarnegara, Ayo Wisata ke Banjarnegara Destinasi Wisata Telaga

Telaga Balekambang

Nikmati Keindahan Telaga Balekambang. Mayuh Plesir Maring Banjarnegara, Ayo Wisata ke Banjarnegara.

Telaga Balekambang

Telaga Balekambang berlokasi tak jauh dari lokasi Kompleks Candi Arjuna. Telaga ini memiliki banyak jenis ikan air tawar, sehingga para masyarakat maupun wisatawan menjadikannya spot memancing.

Telaga Merdada

Nikmati Keindahan Telaga Merdada. Mayuh Plesir Maring Banjarnegara, Ayo Wisata ke Banjarnegara.

Telaga Merdada

Telaga Merdada adalah telaga terluas di kawasan wisata dataran tinggi Dieng. Telaga ini memiliki latar belakang sebuah bukit hijau alami, begitu menyejukkan pandangan mata hingga membuat wisatawan takjub. Sama seperti di telaga Balekamban, para wisatawan disini juga bisa menyalurkan hobi mancing sekaligus menaiki sampan keliling telaga.

Mayuh Plesir Maring Banjarnegara, Ayo Wisata ke Banjarnegara Destinasi Wisata Waduk

Waduk Mrica (Bendungan Panglima Besar Jenderal Soedirman)

Nikmati Keindahan Waduk Mrica. Mayuh Plesir Maring Banjarnegara, Ayo Wisata ke Banjarnegara.

Waduk Mrica Ilustrasi : Fotografer.net

Bendungan Panglima Jendral Soedirman lebih sering disebut dengan nama Waduk Mrica berada di Kecamatan Bawang, Banjarnegara, Jawa Tengah. Jika ditempuh dari kota Banjarnegara jaraknya sekitar 9 km, atau dari arah jalan raya utama Banjarnegara – Purwokerto ke utara sekitar 1 km.

Waduk Mrica diresmikan Presiden Soeharto tahun 1989 memiliki fungsi utama sebagai salah satu Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) bagi wilayah Jawa. Waduk Mrica membendung Kali Serayu dengan luas 1.250 Hektar serta membentang sepanjang 6,5 km.

Pengelola waduk Mrica menyediakan fasilitas wisata Perahu Motor untuk keliling waduk. Fasilitas lain diantaranya Area Bermain, Panggung terbuka sebagai tempat pertunjukan atau Konser serta fasilitas olahraga Golf 8 Hole. Sebagai destinasi wisata air tentunya waduk ini mempunyai spot memancing bagi pecinta fishing mania.

Potensi Kedua Mayuh Plesir Maring Banjarnegara, Ayo Wisata ke Banjarnegara Destinasi Wisata Alam

Berbagai potensi wisata alam dari Mayuh Plesir Maring Banjarnegara, Ayo Wisata ke Banjarnegara akan memanjakan liburan anda, jadi jangan sampai terlewatkan.

Mayuh Plesir Maring Banjarnegara, Ayo Wisata ke Banjarnegara Destinasi Wisata Kawah

Kawah Candradimuka

Nikmati Keindahan Kawah Candradimuka. Mayuh Plesir Maring Banjarnegara, Ayo Wisata ke Banjarnegara.

Kawah Candradimuka

Kawah ini jika dilihat dari kejauhan keluar asap seperti sebuah gunung berapi aktif, namun ketika kita mendekat itu bukanlah sebuah gunung berapi. Karena asap yang keluar berasal dari uap Solfatara dari beberapa rekahan tanah. Saat ini ada dua rekahan aktif keluarkan asap Solfatara. Pada kawah ini juga terdapat sumber air, menurut kepercayaan warga mempunyai khasiat khusus. Sehingga tak jarang para wisatawan memanfaatkan air tersebut.

Kawah Sikidang

Nikmati Keindahan Kawah Sikidang. Mayuh Plesir Maring Banjarnegara, Ayo Wisata ke Banjarnegara.

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang menjadi salah satu destinasi pilihan favorit wisatawan diantara berbagai destinasi yang ada di kawasan dataran tinggi Dieng. Daya tarik utama destinasi ini, wisatawan bisa melihat secara langsung aktivitas dari kawah vulkanik. Karena bisa mendekat ke lubang kepundan di bibir kawah Sikidang. Penamaan Sikidang disebabkan munculnya kawah selalu berpindah-pindah mirip seperti hewan Kijang (Kidang) suka melompat-lompat.

Kawah Sileri

Nikmati Keindahan Kawah Sileri. Mayuh Plesir Maring Banjarnegara, Ayo Wisata ke Banjarnegara.

Kawah Sileri

Kawah Sileri menjadi kawah paling luas dan paling aktif di dataran tinggi Dieng. Air pada Kawahnya gemulak serta mendidih mirip seperti air bekas cucian beras (leri), oleh karena itu kawah ini diberi nama Kawah Sileri.

Mayuh Plesir Maring Banjarnegara, Ayo Wisata ke Banjarnegara Destinasi Wisata Sumur

Sumur Jalatunda

Nikmati Keindahan Sumur Jalatunda. Mayuh Plesir Maring Banjarnegara, Ayo Wisata ke Banjarnegara.

Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda merupakan salah satu destinasi wisata kawasanan dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara yang tak boleh dilewatkan. Sumur ini merupakan bekas dari letusan kepundan gunung berapi kemudian membentuk sebuah sumur berkedalaman 100 Meter.

Sumur Jalatunda mitosnya dipercaya menjadi pintu gaib menuju ke istana penguasa laut selatan. Terdapat kepercayaan masyarakat jika ada anda bisa lempar batu sampai melintasi sumur tersebut, maka harapannya akan segera terwujud.

author
Penulis: 
Seorang pendatang baru di dunia blogging, namun telah berpengalaman dalam jasa Review, Placements, Content Writer. I'm Blogger!
  1. author

    Amir2 tahun ago

    Waow keren, kalau saya pengen ke negri di atas awanya, Dieng

    Balas
    • author
      Penulis

      admin2 tahun ago

      silahkan mas, nikmati pemandangannya

      Balas

Tinggalkan pesan "Mayuh Plesir Maring Banjarnegara, Ayo Wisata ke Banjarnegara"

*