Bukti Krakatau Steel Peduli Masyarakat Kembangkan SDM 2016

Tidak ada komentar 422 views
Logo Krakatau Steel Peduli Masyarakat

Logo Perusahaan Krakatau Steel Peduli Masyarakat

Bukti Krakatau Steel Peduli Masyarakat Kembangkan SDM 2016 – Krakatau Steel sebagai Industri Baja terbesar di Indonesia, tentunya sangat memperhatikan kesejahteraan pekerja maupun masyarakat sekitar. Berbagai program diluncurkan perusahaan melalui Corporate Social Responsibility (CSR) Krakatau Steel tahun 2016 ini, terutama program pengembangan kesejahteraan dan SDM pekerja maupun masyarakat sekitar.

Sebelum mengenal lebih jauh program pengembangan kesejahteraan SDM maupun masyarakat sekitar pabrik, seperti kata pepatah tidak kenal maka tidak sayang. Jadi, kita kenali terlebih dahulu Industri Baja ini.

Sejarah Singkat PT Krakatau Steel Peduli Masyarakat

Pada tahun 1960-an presiden pertama Indonesia, Soekarno memiliki wacana untuk membangun  Proyek Besi Baja Trikora. Tujuannya agar menjadi salah satu fondasi bagi ketangguhan dalam pembangunan industri Nasional. Namun setelah berjalan, tak lama wacana tersebut sempat tutup akibat situasi politik dalam negeri kurang kondusif. Setelah 10 tahun berlalu, wacana proyek Industri Baja diangkat kembali pada masa kepemimpinan Presiden Suharto.

PT Krakatau Steel (Persero) dibangun pada 31 Agustus 1970 memanfaatkan seluruh fasilitas pabrik dari peninggalan Proyek Besi Baja Trikora yang sempat ditutup. Fasilitas pabrik yang digunakan kembali antara lain pabrik produksi kawat baja, pabrik produksi baja tulangan serta pabrik produksi baja profil. Peresmian mulai beroperasinya industri baja baru dilaksanakan tahun 1977 oleh presiden Soeharto.

Kantor PT Krakatau Steel Peduli Masyarakat

PT Krakatau Steel (Persero) berada di Cilegon, Banten.

Bukti Krakatau Steel Peduli Masyarakat Kembangkan SDM Tahun 2016

Krakatau Steel Peduli Masyarakat Gandeng SMK Bentuk SDM Handal

Salah satu bentuk Krakatau Steel peduli masyarakat dalam upaya menyiapkan calon tenaga kerja ahli sekaligus kompeten, PT Krakatau Steel melakukan kerjasama dengan 25 SMK di Banten. Kesepatakatan dibuktikan penandatanganan sebuah nota kesepahaman (MoU) dengan seluruh SMK, Kamis 18 Februari 2016 bertempat di Gedung Serba Guna dari Human Capital Development, Cilegon.

Krakatau Steel Peduli Masyarakat, Penandatanganan MoU dengan SMK

Krakatau Steel Peduli Masyarakat, Penandatanganan MoU dengan SMK

Mujiono Katam sebagai General Manager Human dari Capital Planning Development mengungkapkan, Krakatau Steel satu diantara ratusan industri di Cilegon berkeinginan memberi kontribusi untuk memajukan dunia pendidikan. Dengan harapan setiap lulusan SMK dapat terserap dunia industri. Jadi, perlu dibentuk link and match atau penyesuaian antara sekolah dengan kebutuhan standar industri. Krakatau Steel dalam hal ini akan berikan fasilitasi melalui kerja praktek serta pelaksanaan ujian sertifikasi kompetensi menyesuaikan bidang industri milik PT KS.

Didin Sihabudin sebagai Kapala Sie Sekolah Menengah Kejuruan dari Dinas Pendidikan Banten mengungkapkan, dalam memenuhi syarat uji kompetensi para siswa semua sekolah sangat perlu jalin kerja sama dengan dunia industri. Melalui program kerjasama tersebut, kesiapan tenaga kerja akan menjadi semakin sempurna.

Salah satu perwakilan sekolah Cepi dari SMK 1 Malimping mengungkapkan apresiasi tinggi atas program ini. Ia memiliki harapan nota kesepahaman dapat segera diwujudkan pada tahapan implementasi  nyata di lapangan. Melalui program tersebut diharapkan dapat jadi sebuah sarana penyaluran calon tenaga kerja lulusan SMK ke dunia industri.

CSR Krakatau Steel Peduli Masyarakat Berikan Beasiswa Ikatan Dinas

Selain kerjasama dengan 25 SMK provinsi Banten, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk melalui CSRnya kembali berikan beasiswa. Beasiswa tersebut diberikan untuk seorang mahasiswi berpretasi dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Mahasiswi beruntung mendapatkan beasiswa tersebut bernama Nisfaeni. Ia sedang tempuh tugas akhir di Untirta pada jurusan Teknik Industri. Penyerahan beasiswa dilaksanakan 6 Januari 2016 bertempat diruang rapat Human Capital Development (Pusdiklat).

Penyerahan beasiswa ikatan dinas Krakatau Steel Peduli Masyarakat

Penyerahan beasiswa ikatan dinas Krakatau Steel Peduli Masyarakat

PT KS sebelunya juga sudah sepakat bekerjasama dengan Untirta untuk berikan beasiswa ikatan dinas pada sepuluh orang mahasiswanya, jika memenuhi sayarat mahasiswa tersebut bisa secara langsung diterima menjadi karyawan PT Krakatau Steel. Beasiswa ikatan mempunyai syarat mahasiswa capai indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3,0 dan sudah menempuh 118 SKS. Proses penjaringan dilakukan melalui tes potensi akademik. Beasiswa diberikan untuk biaya kuliah seperti uang saku, iuran SPP serta bantuan biaya tugas akhir.

Nisfaeni sangat menyambut baik program biasiswa tersebut. Ia sangat bersyukur dan begitu senang telah terpilih mendapatkan beasiswa. Selain itu, ia mengungkapkan program beasiswa ikatan dinas sangat bermanfaat karena saat ini untuk mencari pekerjaan tetap begitu sulit.

Nivo Yuninda manajer Human Capital Development and Learning Center mengungkapkan, selama ini Krakatau Steel sudah merekrut empat orang mahasiswa Untirta pada program beasiswa dengan ikatan dinas. Program itu sebagai wujud tanggung jawab perusahaan peduli masyarakat serta lingkungan untuk ikut kembangkan sumber daya manusia (SDM) wilayah propinsi Banten. Nivo juga mengatakan jika peserta program beasiswa secara langsung diterima menjadi bagian karyawan PT KS usai lulus, kemudian akan diangkat jadi karyawan tetap usai jalani masa orientasi untuk on the job training.

Sedangkan menurut Syarif Rahman manajer Community Development, PT KS terus berkomitmen hadir menjadi agen perubahan meningkatkan daya saing dari sumber daya manusia (SDM) di sekitar wilayah Banten, terutama Kota Cilegon. Selain melalui program beasiswa sekaligus ikatan dinas, PT KS juga sudah kerjasama bersama asosiasi industri kimia (AMC) untuk berikan pendidikan sampai gelar D1. Lulusan AMC begitu laris dalam bursa tenaga kerja khususnya industri Kota Cilegon, sebab kompetensi maupun keahliannya sesuai kebutuhan industri.

SKKS Pencetus Program Krakatau Steel Peduli Masyarakat

Inisiatif beberapa karyawan peduli perusahaan bersama pimpinan PT. Krakatau Steel bentuk wadah organisasi atau serikat kerja bagi karyawan. Hal ini sebagai langkah mewujudkan visi sekaligus tagline “Krakatau Steel Jaya, Karyawan Sejahtera”.

Logo SKKS Pencetus Program Krakatau Steel Peduli Masyarakat

Serikat kerja Krakatau Steel (SKKS), Jaya Sejahtera

Serikat kerja Krakatau Steel biasa disingkat SKKS bertujuan untuk ciptakan kesejahteraan. Tak hanya kesejahteraan karyawan, namun juga tingkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Telah banyak program diluncurkan SKKS untuk penuhi kepentingan masyarakat Cilegon seperti mengembgkan pendidikan untuk tingkatkan SDM, pembinaan antar serikat dan program kepedulian lainnya.

Primkokas Usaha Mandiri Karyawan Krakatau Steel Peduli Masyarakat

Bentuk meningkatkan kesejahteraan yang dikelola secara mandiri oleh karyawan yaitu Primer Koperasi Krakatau Steel (Primkokas). Primkokas merupakan sebuah usaha memiliki badan hukum dikelola bersama karyawan tumbuh jadi kawasan menarik untuk masyarakat sekaligus menguntungkan karyawan.

Kawasan pusat pertokoan sudah kembangkan sayapnya pada beberapa jaringan bisnis diantaranya mini market K-Store juga membuka cabang di Serang, Agen Perjalanan, Restaurant, V-nice Bakery dan lainnya.

Primkokas jadi barometer keberhasilan koperasi lingkup perusahaan di Kota Cilegon, hingga meraih berbagai prestasi sejak didirikan tahun 1991. Prestasi Primkokas diantaranya :

  • Koperasi Simpan Pinjam berpredikat SEHAT berdasar Sertifikat No.518/05/Diskoptan/2006
  • Koperasi Fungsional Teladan di Tingkat Nasional, pada 12 Juli 1992
  • PRIMKOKAS mendapat Sertifikat Klasifikasi kelas A (sangat mantap) mendapat nilai 98, tahun 1991

Itulah bukti Krakatau Steel Peduli Masyarakat untuk mengembangkan kualitas SDM dan kesejahteraan masyarakat maupun karyawannya. Masih banyak bukti lain Krakatau Steel Peduli Masyarakat seperti penghijauan lingkungan, bakti sosial dan lainnya.

#konten bersponsor #Kontes SEO Milad KS-SKKS 2016

referensi:

http://www.krakatausteel.com

http://www.skksmedia.com

http://primkokas.co.id

author
Penulis: 
Seorang pendatang baru di dunia blogging, namun telah berpengalaman dalam jasa Review, Placements, Content Writer. I'm Blogger!

Tinggalkan pesan "Bukti Krakatau Steel Peduli Masyarakat Kembangkan SDM 2016"

*