Jogja Heritage: Sendratari Sugriwa Subali di Goa Kiskendo

Tidak ada komentar 569 views
Sendratari Sugriwa Subali : Subali melawan Mahesa Sura dan Lembu Sura

Sendratari Sugriwa Subali : Subali melawan Mahesa Sura dan Lembu Sura

Sendratari merupakan salah satu bagian pendukung Jogja Heritage, namun apakah kalian mengetahui sendratari apa saja yang ada di Jogja? Ya, hampir semua orang akan menjawab sendratari Ramayana yang selalu di pentaskan di area candi Prambanan. Dalam cerita awal pementasan Ramayana karangan Walmiki terdapat episode dua dengan sub judul Anoman Duta, menceritakan pertemuan Rama dengan Sugriwa di sekitar kerajaan Kiskenda. Saat ini bagian tersebut dalam pertunjukan Sendratari Ramayana telah dipadatkan sehingga ceritanya hanya sekilas, sebab dianggap kurang menarik perhatian penonton.

Namun jangan khawatir, karena Dinas Kebudayaan Kulon Progo telah mengangkat cerita tersebut dalam rangkaian kisah kerajaan Kiskenda menjadi sebuah pertunjukan baru dan sangat mempesona. Kisah kerajaan kiskenda dibalut dengan cerita kepahlawanan, kesetiaan sampai asmara dikemas menarik dalam bentuk pertunjukan sendratari kolosal. Pertunjukan tersebut diberi nama Sendratari Sugriwa Subali.

Cuplikan Sendratari Sugriwa Subali

Jadwal Pertunjukan Sendratari Sugriwa Subali Tahun 2016

Sudah lihat bagaimana indah dan serunya Sendratari Sugriwa Subali dari cuplikan diatas. Tidak lengkap bukan jika belum melihatnya secara langsung dengan alur cerita secara utuh? Tenang saja, setiap tahun pasti diadakan pertunjukannya, untuk tahun 2016 ini jadwal pertunjukan tiga kali, yaitu tanggal 15 Mei dan 21 Agustus yang lalu. Sedangkan jadwal pertunjukan terdekat  akan dilaksanakan pada tanggal 20 November. Pertunjukan dimulai pada pukul 12.00 WIB.

Tahun ini memang lebih sedikit jadwal pertunjukannya dibandingkan tahun 2015 lalu, telah diadakan sembilan kali. Sebab tiap bulannya ada satu pertunjukan, dimulai dari 22 Maret 2015 sampai 20 Desember 2015.

Tiket masuk Sendratari Sugriwa Subali

Bagi kalian yang penasaran ingin menonton secara langsung pentas sendratari tidak perlu khawatir membayar semahal Sendratari Ramayana dengan harga puluhan bahkan ratusan ribu. Karena biayanya gratis atau tidak dipungut biaya, kalian hanya perlu membayar retribusi untuk masuk ke area wisata Goa Kiskendo sebesar3.000 rupiah per orang. Sangat murah sekali jika dibandingkan dengan pertunjukan menawan yang tak kalah dari Ramayana Ballet, bahkan kita bisa sambil menikmati keindahan alam sekitar dan berbagai fasilitas. Sedangkan untuk biaya parkir hanya 2.000 ribu untuk motor dan 5.000 ribu bagi mobil.

Lokasi Pertunjukan Sendratari Sugriwa Subali

Lokasi pertunjukan Sendratari Sugriwa Subali berada di Goa Kiskendo. Goa Kiskendo merupakan salah satu Goa lumayan besar. Goa ini berada di Dusun Sibolong, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika kalian kesulitan menemukan lokasi tepatnya, bisa menggunakan bantuan google maps berikut :

Sampai saat ini beberapa orang masih beranggapan jika Goa ini merupakan tempat keramat, wajar saja hal tersebut tejadi jika dikaitkan dengan sebuah kisah pewayangan Sugriwa Subali. Dalam cerita tersebut dikisahkan, pada zaman dahulu pernah terjadi peperangan hebat di dalam Goa tersebut. Peperangan tersebut melibatkan kakak adik bernama Sugriwo dan Subali bertarung melawan Mahesa Sura dan Lembu Sura.

Alur kisah peperangan secara rinci bisa dilihat pada dua bagian relief di samping mulut Goa. Relief tersebut dibuat sekitar tahun 1980-an oleh mahasiswa ISI Yogyakarta. Sedangkan di dalam Goa kita dapat menjumpai sebuah batu menyerupai lidah, batu ini dianggap lidah Mahesa Sura yang berhasil dipotong Subali supaya Mahesa Sura tidak dapat hidup kembali. Selain batu lidah dapat ditemui juga batu dengan sebutan Babat Kandel, berupa bebatuan menyerupai bentuk usus manusia dan dianggap sebagai isi perut dari Mahesa Sura.

Nama Goa Kiskenda sekaligus terdapatnya batu lidah dan Babat Kandel sangat mirip dengan cerita Ramayana mengenai Sugriwa Subali. Selain itu juga didukung oleh kontur pegunungan menoreh dan hutan semakin mirip dengan latar tempat cerita Ramayana. Hal inilah yang melatar belakangi pemilihan tempat pertunjukan Sendratari Sugriwa Subali.

Latar Belakang Pelaksanaan Pertunjukan Sendratari Sugriwa Subali

Sendratari Sugriwo Subali merupakan sebuah gagasan dari Bupati Kulonprogo dr. Hasto Wardoyo untuk mengangkat dan menghidupkan potensi pariwisata berbasis budaya, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebab pertunjukan menerapkan prinsip ekonomi kerakyatan dalam meningkatkan daya saing masyarakat untuk berkesenian dengan melibatkan lebih dari 100 penari berasal dari warga setempat.

Pertunjukan sendratari kolosal Sugriwa Subali dilaksanakan dalam rangka pengelolaan serta penguatan Desa Budaya Jatimulyo sebagai salah satu wujud Jogja Heritage. Pertunjukan dalam bentuk nilai budaya tinggi tidak harus mendatangkan materi berasal dari asing ataupun luar daerah, karena dapat digali dari nilai kearifan lokal.

Berjalannya waktu diharapkan kemampuan warga sekitar semakin meningkat sehingga mampu menggerakkan roda perekonomiannya sendiri, tanpa bergantung pada lembaga-lembaga lain. Sehingga warga sekitar dituntut berinovasi dalam melengkapi kemasan wisata yang telah disusun semenarik mungkin oleh pemerintah kabupaten. Puncaknya tentu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan serta menyebarkan dan menanamkan nilai-nilai luhur lokal.

Pemain Sendratari Sugriwa Subali

Pemkab Kulon Progo lewat Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga melakukan kerjasama dengan Lembaga Pengabdian Masyarakat Institut Seni Indonesia (LPM ISI) Yogyakarta. Sehingga sebagian pemain utamanya melibatkan mahasiswa ISI. Sedangkan sisanya sekitar 100 seniman seniwati merupakan para pemuda pemudi lokal dari Desa Budaya Jatimulyo, untuk pengiring juga melibatkan pengrawit setempat. Sedangkan pelatihnya adalah Gandung Djatmiko salah satu dosen seni tari di ISI.

author
Penulis: 
Seorang pendatang baru di dunia blogging, namun telah berpengalaman dalam jasa Review, Placements, Content Writer. I'm Blogger!

Tinggalkan pesan "Jogja Heritage: Sendratari Sugriwa Subali di Goa Kiskendo"

*