Hutan Pinus Asri, Surga Kecil Di Kawasan Wisata Mangunan

/* banner 468x60 */
pintu masuk objek wisata alamHutan Pinus Asri

pintu masuk Pinus Asri

Pinus Asri – Yogyakarta sebagai tujuan wisata ke dua di Indonesia setelah Bali, menyajikan destinasi yang sangat lengkap dan beragam. Mulai dari wisata budaya, kuliner, dan yang tidak boleh ketinggalan berbagai destinasi wisata alam baru yang mulai dikelola serius. Salah satu surga tersembunyi yang mulai dilirik para traveler adalah kawasan wisata hutan Mangunan.

Pilihan destinasi kawasan wisata Mangunan begitu beragam dan lokasinya berdekatan menjadikan nilai tambah yang tak dimiliki kawasan wisata lainnya. Ada wisata religi di kompleks makam raja-raja, disini merupakan makan dari raja kesultanan Yogyakarta. Bagi para vegetarian dan yang sedang menjalani program diet bisa berwisata sekaligus mendapatkan makanan organik menyehatkan di Kebun Buah Mangunan. Bagi pecinta wisata air terdapat  Air Terjun Randusari dan Grojogan Lepo, meskipun sedikit jauh namun masih berada di kecamatan Dlingo. Bagi pemburu Sunrise dan Sunset disinilah kumpulan surga kecil dunia anda karena banyak pilihan lokasinya mulai dari Jurang Tambelan, Bukit Pangkuk Kediwung, Bukit Pangkuk Kediwung, Tebing Watu Mabur, Puncak Becici Jogja dan beberapa lokasi di dalam kawasan wisata Hutan Pinus.

Ngomongin hutan pinus kawasan wisata mangunan ini surganya, bagi pecinta wisata alam kesejukan dan alaminya hutan sangat menyegarkan jiwa dan raga. Ada beberapa tempat yang sangat berdekatan diantaranya Hutan Pinus Mangunan, Pinus Pengger, Pinus Sari dan Pinus Asri. Jika diperhatikan dua nama terakhir sangat mirip bukan? Iya benar, namun lokasinya berbeda jadi jangan salah tujuan. Jarak keduanya juga sangat dekat, sekitar 3 menit saja jika menggunakan sepeda motor. Dalam artikel ini akan membahas salah satu dari kedua hutan Pinus tersebut yaitu Pinus Asri.

Wisata Hutan Mangunan Pinus Asri

Nama lengkap dari objek wisata ini adalah Wisata Hutan Mangunan Pinus Asri. kenapa menggunakan nama mangunan? Seperti telah disinggung diatas, karena masih berada dalam satu komplek wisata mangunan. Jadi, objek wisata hutan Pinus Asri menjadi salah satu destinasi pendukungnya. Nama Mangunan sendiri digunakan sebagai pendongkrak kunjungan wisata, karena branding Mangunan telah populer terlebih dahulu di kalangan traveler.

Pinus Asri meskipun masih tergolong baru dan masih dalam proses pembangunan, namun sudah ramai wisatawan baik hari biasa maupun saat liburan. Tak heran sih, karena suguhan keindahan alam begitu mempesona dan banyak spot terbaik hunting foto dengan berbagai background pilihan. Bahkan tak jarang ada yang menggunakannya sebagai lokasi take foto prewedding.

Spot Menarik Hutan Pinus Asri

Saat berwisata ke di objek hutan dalam mindset hanya akan menemui berbagai tumbuhan dan akan membosankan bukan? Eits jangan salah dulu, akan banyak kejutan saat kita berkunjung ke hutan Pinus Asri. Memang disana dominasinya tumbuhan Pinus tua yang menjulang tinggi, namun banyak spot pendukung yang telah tersedia seperti berikut:

Kursi Pohon dan Gubuk

Lelah setelah perjalanan naik dikendaraan, kita bisa bersantai terlebih dahulu di beberapa kursi Pohon atau Gubuk yang telah tersedia. Sebenarnya bukan kursi, karena bentuknya kayu pinus kering gelondongan yang dibuat menjadi tempat duduk. Perlu diperhatikan jika duduk di samping pohon atau meletakkan barang di dekat pohon pinus yang masih hidup, karena jika kulitnya terkena gesekan sampai terkelupas akan mengeluarkan getah yang lumayan lengket.

gubuk Pinus Asri, untuk istirahat dan bersantai

Gubuk Pinus Asri

Spot Pinus Lorong Langit

Awal masuk kedalam area wisata kita langsung disuguhi berbagai banyak pohon pinus. Kenapa saya beri nama spot pinus lorong langit? Karena saat melihat ke atas terlihat diantara pohon-pohon pinus ada sebuah lorong. Saat terbaik untuk ambil foto dengan momen ini adalah siang hari ketika  kondisi cerah.

Spot lorong langit Hutan Pinus Asri

Terdapat fasilitas panggung pohon dan jembatan pohon yang begitu membantu untuk mengambil engel foto dari bawah dengan spot pinus lorong langit. Konstruksinya menggunakan kayu pinus kering sehingga terlihat begitu natural. Tak perlu khawatir untuk menaikinya namun perlu berhati-hati saat naik atau turun, hanya saja harus bergantian supaya tidak over bebannya.

panggung lorong langit Pinus Asri

jembatan kayu Pinus Asri

Jembatan Kayu Pinus Asri

Spot Bikini Bottom

Familier dengan nama ini? Pasti dong anak-anak lahiran tahun 2000-an pasti atk asing dengan Bikini Bottom, sebuah kota yang ada dalam kartun SpongeBob SquarePants. Saat kita sedikit masuk dan menuruni tangga dari kejauhan akan langsung terlihat pucuk rumah nanas. Ya, disitulah spot bikini Bottom dengan 3 rumah yang susunannya dan bentuknya dibuat persis seperti dalam kartunnya. Paling dekat dengan pintu masuk kita langsung menjumpai rumah nanas milik SpongeBob, ditengah agak keatas ada rumah Squidword dan paling ujung rumah batunya patrick.

bikini bottom Pinus Asri

Bikini Bottom Pinus Asri

Bonus Spot Surga Tersembunyi Hutan Pinus Asri

Tak banyak yang mengetahui bahwa objek wisata Hutan Pinus Asri memiliki surga tersembunyi di dalamnya. Selain keindahan diatas jika kita terus berjalan turun dari spot bikini bottom sekitar 2-3 menit akan menemukan spot foto sempurna. Sebenarnya lokasi ini adalah gardu pandang dari Hutan Pinus Asri, namun karena lokasinya tanah datar rasanya hanya seperti diatas bukit bukan di gardu pandang.

Saat hampir sampai ke pintu masuk gardu pandang sudah terhampar di kejauhan hijaunya pemandangan bawah bukit. Sebelum masuk pintu gardu pandang terdapat kotak untuk memberikan sumbangan perawatan seikhlasnya, entah resmi atau tidak namun tak masalah untuk menikmati keindahan di dalamnya. Tak perlu berlama-lama lagi inilah spot yang saya maksud.

Jembatan Gardu Pandang

Kenapa saya namakan jembatan gardu pandang? Karena saat terdapat kabut kita seperti melewati jembatan penghubung dengan awan, seperti sedang berada di negri diatas awan. Konstruksinya terbuat dari kayu pinus kering yang di satu sisinya terhubung ke batu cadas dengan sisi lain langsung menghadap jurang, jadi berhati-hatilah saat menaikinya. Letaknya dari pintu masuk langsung turun ke bawah, karena berada di tengah-tengah.

Jembatan Gardu Pandang Pinus Asri

Disinilah spot sempurna untuk menikmati indahnya matahari terbit (Sunrise) dan matahari tenggelam (Sunset). Bonus jika berkunjung pagi hari sering ada kabut menutupi area dibawah, sehingga membuat kita seperti diatas awan. Jadi tidak perlu naik susah-susah mendaki gunung Semeru, hanya butuh sedikit perjuangan untuk berjalam pagihari karena jalan menurun dan belum ada penerangan.

Jembatan Celah Dua Batu

Jembatan celah dua batu terletak di bagian kiri jembatan gardu pandang. Disini harus sangat berhati-hati, karena celah batu cukup dalam dan jika berjalan di bebatuan pemukaannya tidak rata. Pastikan barang bawaan kamera atau gadget anda aman jangan sampai jatuh ke celah batu, sebab jika masuk ke celah sempit sangat sulit diambil. Jembatan celah dua batu ini mirip dengan jembatan celah batu di obyek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran di Gunung Kidul, hanya saja disini versi mininya.

Taman Bunga

Wanita mana yang tak suka dengan bunga? Bunga seperti memiliki magnet untuk menarik para wanita untuk berkunjung dan swafoto. Jadi bisa dikatakan taman bunga ini merupakan salah satu trik pengelola untuk memikat para wanita berkunjung. Bentuknya lingkaran dan ditengahnya ada tatanan batu kecil untuk berpijak saat selfi. Terletak di bawah arah kanan dari pintu masuk gardu pandang, sebelah kanan dari jembatan gardu pandang.

taman bunga Pinus Asri

Taman Bunga Pinus Asri

Rumah Kayu

Spot foto yang satu ini bukan rumah sungguhan, hanya bentuk papan yang diberi warna seperti teras depan rumah. Sedangkan di bagian bawahnya ada lantai dan pagar juga dari kayu. Warna kayu yang digunakan begitu senada hijaunya latar pepohonan memberikan kesan natural dan alami pada background foto. Rumah Kayu ini letaknya bersebelahan dengan taman bunga.

Rumah Kayu Pinus Asri (sumber IG @trisnoarybudi)

Patung Burung Elang

Patung inilah yang menjadi Icon disini, bentuknya mirip burung Garuda dan terbuat dari kayu pinus. Tingginya sekitar 130cm dan bentang kedua sayapnya 2 meter. Istimewanya dari patung ini, kita bisa menaikinya sambil berfoto sepuasnya. Patung ini terletak di sisi kiri pintu masuk, diatas jembatan celah dua batu.

patung burung elang di gardu pandang Pinus Asri

Patung burung elang di gardu pandang Pinus Asri

Saya tambahkan cuplikan video keindahan dari wisata alam Pinus Asri, supaya kalian semakin penasaran untuk berkunjung dan membuktikan #SurgaTersembunyi di dalamnya. Semua foto dan video ini asli saat main kesana awal bulan September kemarin, jadi sobat wajib membuktikan keindahannya.

Lokasi Hutan Pinus Asri

Terpesona dengan ilustrasi diatas, namun belum tau lokasi tepatnya? Hutan Pinus Asri lokasinya terletak di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sepanjang jalan ini ada beberapa objek wisata hutan pinus jadi jangan sampai salah masuk. Lokasinya sangat dekat dengan Hutan Pinus Sari, sekitar 3 menitan perjalanan menggunakan sepeda motor. Jika naik dari arah rumah Hobit kita akan melewati Hutan Pinus Sari baru sampai ke Hutan Pinus Asri.

Bagi para traveler tak perlu bingung lagi, bisa memanfaatkan fasilitas google maps, karena lokasinya sudah terdaftar dan sangat tepat. Bisa dilihat pada maps berikut:

Rute Menuju Hutan Pinus Asri

Rute perjalanan menuju hutan Pinus Asri hampir sama dengan Rute jalan menuju ke arah Kebun Buah Mangunan, hanya setelah sampai atas nanti belok ke kiri menuju jalan hutan pinus nganjir. Para traveller baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum bisa memulai start dari perempatan terminal Giwangan.

Bagi traveller dari luar Jogja yang menggunakan transportasi Kereta Api atau Pesawat Terbang, langsung saja beralih menggukan Bus Trans Jogja menuju terminal Giwangan. Selanjutnya bisa mengikuti rute berikut:

Rute Menuju Hutan Pinus Asri Menggunakan Kendaraan Umum

Setelah sampai di terminal giwangan berganti menggunakan bus umum ke arah pertigaan pasar Imogiri. Dari pasar Imogiri bisa berganti menggunakan kendaraan umum kecil mirip angkutan kota menuju ke arah wisata mangunan. Sampai di pertigaan Jalan Hutan Pinus Nganjir bisa melanjutkan perjalanan menggunakan ojek menuju lokasi Hutan Pinus Asri.

Rute Menuju Hutan Pinus Asri Menggunakan Kendaraan Pribadi

Bagi pengguna kendaraan pribadi baik mobil maupun motor lebih mudah aksesnya menuju ke lokasi. Jika dari arah barat atau Purworejo dari jalan Wates belok kanan melalui Ring Road Selatan Jogja sampai ke Perempatan Giwangan atau pertemuan dengan Jalan Imogiri timur kemudian ambil arah kanan. Sedangkan jika berasal dari arah Utara atau Solo setelah melalui jalan Solo, ambil arah lurus melalui Ring Road Timur sampai perempatan terminal Giwangan langsung belok kiri ke jalan Imogiri Timur.

Setelah sampai perempatan terminal Giwangan ke arah selatan terus ikuti jalan Imogiri Timur sampai mentok di pertigaan pasar Imogiri. Dari pertigaan belok ke kiri arah ke makam raja-raja. Sebelum sampai kompleks makam raja-raja ada pertigaan dengan beberapa penunjuk arah kecil di kanan jalan, silahkan belok ke kanan menuju arah Kebun Buah Mangunan. Mulai dari sini jalan terus menanjak dan berliku jadi waspadalah saat mengemudi, jika lelah istirahatlah sebelum mulai menanjak. Satu hal yang paling penting, penuhi bahan bakar anda sebab di perjalanan naik sangat sulit menemui penjual bahan bakar eceran.

Setelah perjalalan naik yang melelahkan kita akan sampai di area Mangunan Cultural Project, di pertigaan belok kiri atau jalan naik. Disini tanyakan semakin curam jadi berkonsentrasi penuh saat berkendara. Di sebelah kanan kita akan melewati objek wisata rumah hobit, kemudian terus naik akan mendapati salah satu objek wisata Hutan Pinus Sari. Namun ini bukan tujuan kita, karena perjalanan masih berlanjut sekitar 3 menit lagi. Lanjutkan perjalanan sampai obyek wisata hutan pinus berikutnya, setelah 3 menit terlihat parkiran di kiri jalan. Inilah tujuan kita, parkir di sebelah kiri jalan. Sedangkan pintu masuknya berada di seberang jalan atau kanan jalan dari arah kedatangan.

Biaya Parkir dan Tiket Masuk Hutan Pinus Asri

Biaya Parkir untuk kenadaraan roda dua sebesar Rp2.000, sedangkan kendaraan roda empat sebesar Rp 10.000. Sedangkan tiket masuknya Rp 2.000 per orang dan hanya untuk sekali masuk, dengan tiket tersebut sudah  sudah termasuk asuransi jiwa syariah Bumi Putera. Loket tiket masuk berada di samping kiri pintu masuk.

karcis parkir Pinus Asri

tiket masuk Pinus Asri

Hutan Pinus Asri buka setiap hari mulai pukul 06.00-18.00 WIB setiap hari. Karena pengunjung lumayan ramai pada akhir pekan atau weekend jika anda ingin mendapatkan spot foto dengan sempurna, datangnya pada weekday ketika wisatawan tidak terlalu banyak.

Fasilitas Pendukung Hutan Pinus Asri

Fasilitas pendukung di objek wisata Hutan Pinus Asri sudah lumayan lengkap, diantaranya sebagai berikut:

Tempat parkir

Lokasi parkir lumayan luas dan nyaman karena berada di bawah pepohonan rindang. Hanya saja karena dasarnya tanah jika musim hujan masih becek, dan belum ada pelindung permanen dari guyuran hujan.

Mushola

Fasilitas Mushola kecil sudah ada, bentuknya seperti gubuk panggung. Jadi bagi umat muslim yang berkunjung ke Hutan Pinus Sari tidak perlu khawatir untuk menunaikan kewajiban Shalat 5 waktu. Termasuk tempat wudhu juga telah tersedia di sana dan gratis, airnya juga melimpa.

Kamar Mandi atau MCK

Kamar Mandi atau MCK sudah ada. Tempatnya berada di samping parkiran, namun masih kurangnya petunjuk arah membuat pengunjung sedikit kebingungan. Kondisinya cukup bersih dan tidak berbau, disana ada penjaganya yang selalu menjaga kebersihan kamar mandi. Untuk menggunakannya cukup dengan Rp 1.000.

Tempat sampah

Tempat sampah merupakan fasilitas wajib diseluruh lokasi wisata. Disini sudah terdapat beberapa tempat sampah dan terbagi dalam 3 kategori, jadi sesuiakan dengan kategori sampah apa yang kalian buang. Jagalah selalu kebersihan lokasi wisata alam ini, supaya kita selalu nyaman untuk menikmati keindahannya.

Tempat Makan dan Minum

Jangan khawatir jika anda tidak membawa bekal saat liburan kesini, karena di sebelah tempat parkir sudah berjajar rapi beberapa warung makan dengan pilihan menu yang beragam juga. Masalah harga jangan khawatir, dijamin murah tidak seperti di lokasi wisata kebanyakan yang menjual makanan dan minuman dengan harga selangit. Meskipun harganya murah, untuk kebersihan dan kualitas rasanya sangat memuaskan lidah kita. Beberapa warung makan juga menjual beberapa hasil kerajinan tangan Masyarakat setempat sebagai Cinderamata.

warung makan dan parkir Pinus Asri

Tips dan Saran Berlibur Ke Hutan Pinus Asri

Beberapa tips dan saran dari saya bagi traveller untuk travelling ke Hutan Pinus Asri diantaranya :

Waktu kunjungan

Rencanakan waktu kunjungan anda dengan matang dan selalu pantau kondisi cuaca supaya hunting foto tidak terganggu. Jika ingin menikmati Sunrise saya sarankan untuk berkemah di sekitar area parkir, jadi datanglah dari sore hari. Sebab jika perjalanan pagi buta kondisi jalannya minim penerangan. Jika tidak persiapan untuk berkemah bisa juga bermalam di GuestHouse atau penginapan terdekat, pesanlah jauh-jauh hari melalui situs Tiket.com untuk mendapatkan lokasi terdekat dan pelayanan terbaik.

Berkunjunglah saat weekday dan kondisi cuaca cerah supaya lebih bebas memilih spot foto terbaik, karena pengunjung saat weekday tidak terlalu banyak. Selalu update kondisi cuaca sebab jika setelah hujan jalan di tanah di dalam kawasan wisata Hutan Pinus Asri lumayan licin.

Kondisi kendaraan

Kondisi jalan menuju Pinus Asri menanjak dan berliku, jadi siapkan kondisi kendaraan anda secara maksimal. Lebih penting lagi jangan sampai over kapasitas, untuk mengurangi resiko tidak kuat menanjak. Jika ada satu mobil saja yang mogok bisa dipastikan akan merugikan banyak orang dan mengakibatkan kemacetan panjang, sebab jalanan lumayan sempit sekitar 6 meter terbagi dalam 2 lajur yaitu satu jalur naik dan satu jalur turun.

Selalin kondisi kendaraan yang prima, pastikan bahan bakar anda terisi penuh. Karena diperjalanan menanjak sangat sulit menjumpai penjual bahan bakar eceran. Kalian bisa isi bahan bakar di SPBU kanan jalan sebelum pasar Imogiri.

Persiapan kamera

Tak mau dong jika hunting foto kalian di surga tersembunyi Hutan Pinus Asri ini berantakan gara-gara kamera tidak dipersiapkan dengan baik? Baik yang ingin take foto menggunakan kamera Pocket maupun Smartphone, sebaiknya isi penuh daya baterai anda dari rumah supaya bisa langsung kejar spot dan pencahayaan terbaik. Jika terpaksanya lupa mengisi daya baterai bisa mampir dulu di warung sebelah parkiran untuk sekedar minum sekaligus mengecas kamera atau smartphone, syaratnya kalian harus bawa charger sendiri.

author
Penulis:
Seorang pendatang baru di dunia blogging, namun telah berpengalaman dalam jasa Review, Placements, Content Writer. I'm Blogger!

Tinggalkan pesan "Hutan Pinus Asri, Surga Kecil Di Kawasan Wisata Mangunan"