Curug Setawing, Air Terjun Bertingkat Pegunungan Menoreh

4 comments 758 views
Air Terjun Curug Setawing

Curug Setawing

Air terjun Curug Setawing merupakan salah satu obyek wisata air terjun yang terdapat di Kulonprogo. Keberadaannya ikut menyemarakkan dunia pariwisata khusunya Air Terjun di Yogyakarta belakangan ini. Kemunculannya didukung oleh kebijakan Pemkab yang merancang tata wilayah Kulonprogo di sebelah selatan sebagai kawasan industri, sedangkan bagian tengah ke utara kawasan pertanian dan pariwisata. Sehingga memunculkan berbagai obyek wisata baru di kawasan pegunungan menoreh Kulon Progo.

Mengenal Air Terjun Curug Setawing

Nama Setawing menurut warga sekitar berasal dari akronim bahasa lokal “Se” berarti Satu serta “Tawing” berarti Tebing. Penamaan ini jika dilihat kondisinya sesuai dengan obyek air terjun yang tempatnya ada di sebuah tebing ketinggiannya sekitar 18-20 meter.

Air terjun Setawing atau curug Setawing ini berada di dusun Jonggrangan, desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta, tepatnya di sebelah belakang dari pasar Jonggrangan. Jika dari arah kota Jogja menuju ke lokasi sangat mudah temukan, karena jalannya dari Tugu jogja tinggal lurus ke barat. Ikuti jalan utama sampai pegunungan atas pegunungan menoreh, setelah tanjakan dan mentok di pertigaan ambil arah kanan. Sekitar 100 meter Anda akan menemukan Pasar Jonggrangan, disana telah dipasang petunjuk jalan menuju lokasi air terjun.

Rute Jalan Menuju Air Terjun Curug Setawing

Terdapat beberapa rute yang dapat anda lalui untuk mencapai lokasi Air Terjun Setawing Jonggrangan:

1. Rute Berawal dari Tugu Jogja

Ambil arah barat ke jalan Diponegoro sampai di perempatan Ring Road Demak Ijo. Kemudia lurus ke barat melalui jalan Godean lurus sampai perempatan trafficlight Kenteng, Nanggulan. Masih lurus ke barat ikuti jalan utama melewati pasar Kenteng hingga naik ke pegunungan menoreh. Setelah tanjakan mentok ada pertigaan ambil arah kanan, setelah tikungan sekitar 100 meter ada pasar Jonggrangan disitu sudah terpasang penunjuk arah. Hati-hati melewati jalur ini karena setelah jembatan watumurah jalannya naik dan berkelok.

2. Rute Berawal dari Titik Nol (0 Km) Yogyakarta

Ambil arah barat melalui jalan KH. Ahmad Dahlan sampai perempatan Ring Road Barat Pelem Gurih dapat memilih belok kanan menuju perempatan Demak Ijo kemudian belok kiri seperti rute dari arah Tugu Jogja. Atau belok kiri melalui jalan Wates lurus ke barat, di pertigaan Polsek Sentolo ambil arah kanan ikuti jalan utama sampai Puskesmas Janti, Nanggulan. Disini anda dapat belok kanan hingga perempatan Kenteng belok kiri seperti dari arah Tugu Jogja, atau lurus ke barat menuju Sribit (ibukota kecamatan Girimulyo). Dari sribit naik terus sampai pasar Jonggrangan kemudian ikuti petunjuk arah. Jika melalui jalur ini anda dapat mampir ke Tompak View untuk melihat pemandangan kota Jogja dan Kulon Progo.

3. Rute Berawal dari Kota Wates

Berawal dari perlimaan (proliman) jalan Wates yang di tengahnya terdapat patung Nyi Ageng Serang (patung kuda) menuju arah pasar wates atau stasiun wates, kemudian belok kanan menuju teteg timur menyeberangi rel kereta api. Hati-hati belok kanan harus di sebelah bank BPD DIY, jangan belok di perempatan pasar karena jalan searah. Dari teteg timur belok kanan ikuti jalan sampai depan kecamatan Pengasih belok kanan. Pada pertigaan kedua belok kiri ke arah PPSJ Jogja melalui jalan Pengasih-Girimulyo sampai Sribit, jangan sampai lurus ke sentolo karena jarak tempuh menjadi lebih jauh. Ikuti jalan utama hingga mentok di pertigaan yang terdapat pohon Ringin di tengahnya, kemudian belok kiri. Naik melalui melalui ibukota kecamatan Girimulyo (Sribit) hingga pasar Jonggrangan. Di daerah Tompak anda bisa mampir ke Tompak View atau obyek wisata baru waduk mini kleco Girimulyo.

Anda dapat mencari pintu masuk Curug Setawing di Google Maps Klik Disini.

Biaya Masuk Air Terjun Curug Setawing

Untuk memasuki area air terjun, hanya membayar biaya parkir sebanyak Rp. 2000,- untuk motor dan dana sukarela untuk pengembangan fasilitas dan perawatan. kita juga diminta untuk memberi kritik maupun saran buat kemajuan dan pengembangan wisata alam air terjun Curug Setawing kedepannya. Jadi berikan pendapat anda dengan jujur untuk kemajuan obyek wisata ini.

Air Terjun Curug Setawing

Air Terjun Curug Setawing Setelah Dikelola

Jalan Masuk Air Terjun Curug Setawing

Pasar Jonggrangan berada di sebelah kanan jalan pada salah satu bangunan tepat di pertigaan masuk terpasang spanduk bertuliskan Curug Setawing. Pasar Jonggrangan inilah patokan utama untuk menuju Curug Setawing. Masuk melalui jalan sebelah pasar tersebut kemudian anda akan menemukan jalan corblok semen, sampai pertigaan belok kiri hingga masuk di parkiran.

Jarak parkiran menuju Curug kurang lebih 100 meter ditempuh jalan kaki, dengan pemandangan di sampingnya sangat alami perjalanan tidak akan terasa. Disepanjang jalan anda dapat menemukan Penduduk Jonggrangan yang akan menyapa dengan ramah.

Keindahan Air Terjun Curug Setawing

Air terjun curug setawing Girimulyo sangat mengagumkan, ditambah batuan dasar tebing adalah batu gamping dengan warna kuning keemasan. Kontur batuan yang bergelombang menyajikan pemandangan air terjun seperti bertingkat. Gemercik air yang jatuh begitu menyejukkan menambah kenyamanan dalam menikmati air terjun dan semakin mengagumkan saja. Ditambah sekitar air terjun dibuat taman dengan konsep nuansa pedesaan. Terdapat juga bangku berbahan bambu yang ditata sedemikian rupa, sehingga sangat cocok sekali untuk duduk santai menikmati air terjun Setawing.

Penataan tempat ini benar-benar terkonsep untuk memberikan kenyamaan bagi para pengunjung saat menikmati Curug Setawing. Gubuk kecil yang dilengkapi dengan kotak P3K juga sangat bermanfaat jika tiba-tiba hujan menguyur area curug ini. Jalan tangga dan beraneka tamanan yang sengaja di tanam menambah suasana asri. Untuk kalian yang berkeinginan donasi tanaman hias supaya memperindah Curug Setawing sangat diperbolehkan.

Bagi kalian yang ingin bermain air juga sangat diperbolehan, kecuali jika hujan deras. Karena aliran air Curug Setawing asalnya dari sumber mata air sang sangat segar dan jernih. Saat terbaik untuk berkunjung ketika peralihan antara musim penghujan menuju kemarau. Jika musim kemarau debit airnya berkurang sedangkan saat puncak musim hujan airnya agak keruh.

Tidak perlu khawatir kelaparan dan kehausan, karena disekitar air terjun ada penjual kuliner dan minuman. Jika merasa kurang puas langsung saja kulineran bisa dilakukan ke warung sekitar Pasar Jonggrangan.

Pesan buat pengunjung supaya menjaga agar air terjun ini tetap indah, jadilah kita pengunjung yang cinta kebersihan untuk tidak membuang sampah asal-asalan karena telah disediakan beberapa tempat sampah. Satu lagi hal penting, jangan pernah sekalipun melakukan tindakan vandalisme.

author
Penulis: 

Seorang pendatang baru di dunia blogging, namun telah berpengalaman dalam jasa Review, Placements, Content Writer.
I’m Blogger!

  1. author

    don soe2 tahun ago

    wooh domisili jogja yaa ?? hhehehe
    pernah ke curug curug di purwosari saya

    Balas
    • author
      Penulis

      admin2 tahun ago

      iya gan, sesama jogja 😛

      Balas
  2. author

    meydhiwiratama2 tahun ago

    Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul ” Curug Setawing, Air Terjun Bertingkat Pegunungan Menoreh “.
    Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis yang bisa anda kunjungi di pariwisata.gunadarma.ac.id Pariwisata Indonesia

    Balas
    • author
      Penulis

      admin2 tahun ago

      Terimakasih atas kunjungannya, siap untuk berkunjung balik.
      Tolong jangan menaruh link aktif di komentar, untuk mendapatkan backlink dofollow silahkan baca di Jasa Review Berkualitas

      Balas

Tinggalkan pesan "Curug Setawing, Air Terjun Bertingkat Pegunungan Menoreh"

*