Menyelami Indahnya Cave Tubing Kalisuci Gunung Kidul

6 comments 625 views
Wisata Cave Tubing Kalisuci, Gunung Kidul, Yogyakarta

Wisata Cave Tubing Kalisuci

Otin – Yogyakarta memang gudangnya tempat-tempat wisata yang menawan yang mengasyikkan. Mulai dari wisata alam sampai dengan wisata sejarah lengkap di Kota Pelajar ini. Bahkan Anda juga bisa menemukan gua-gua yang eksotis di kota ini, tepatnya di daerah Semanu, Gunungkidul. Gunungkidul memang terkenal sebagai daerah yang gersang saat musim kemarau karena adanya bukit kapur atau lebih dikenal dengan nama bukit karst. Banyak pohon yang meranggas saat kemarau sehingga pemandangan hijau yang sedap di mata akan segera berganti dengan pemandangan yang bernuansa kering. Akan tetapi, jangan salah, justru di tempat inilah sensasi berbeda yang mungkin tidak akan didapat di tempat lain, akan Anda temukan, yakni menyusuri keindahan gua dengan menyusuri sungai. Lebih-lebih saat Anda tiba di relung gua yang gelap gulita. Sangat sayang sekali jika Anda sudah sampai di Yogyakarta dan melewatkan tempat wisata yang satu ini.

Lokasi Cave Tubing Kalisuci

Sebagai informasi, kabarnya kegiatan cave tubing atau menyusuri gua dengan duduk di atas pelampung dan melalui sungai sebagai lintasannya hanya ada di Mexico dan Gunung Kidul saja. Terlepas dari benar tidaknya kabar tersebut Kalisuci, Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta memang menawarkan sensasi berwisata alam plus air yang sayang untuk dilewatkan. Selain bisa mengantarkan Anda pada keindahan gua yang memukau, juga bisa memacu adrenalin Anda saat menyusuri sungai menggunakan ban pelampung. Sungai dengan kedalaman sekitar 2—3 meter dan panjang sekitar 600 meter ini akan memberikan pengalaman berwisata yang berbeda.

Untuk bisa sampai di lokasi cave tubing memang dibutuhkan perjuangan. Anda harus melintasi jalan setapak di antara ladang jati dengan berjalan kaki. Belum lagi saat cave tubing sudah selesai dan Anda harus kembali ke tempat awal Anda meminjam perlengkapan cave tubing. Anda harus menyusuri jalan yang menanjak sampai dengan ketinggian 70 derajat. Namun, semua perjuangan Anda akan langsung dibayar dengan pemandangan menawan dari atas tebing. Air sungai yang berkelak-kelok dan masih sangat jernih meski usai hujan dengan warna biru kehijauan yang kontras dengan warna tanah dan nuansa kering lainnya akan sangat sedap dipandang. Ini baru sambutan saja. Anda akan lebih terpukau dengan keindahan alam saat Anda telah memulai cave tubing.

cave tubing kalisuci

kalisuci cave tubing

Pelaksanaan Cave Tubing Kalisuci

Cave tubing baru akan dimulai setelah semua anggota rombongan bersiap, duduk di atas ban pelampung masing-masing. Ya, meskipun cave tubing dilakukan beregu, semua orang memiliki armada masing-masing. Perlengkapan keamanan yang digunakan adalah helm yang dilengkapi dengan senter dan jaket. Ban pelampung akan bergerak mengikuti irama air sungai. Sebelum memasuki jeram dengan arus yang deras, Anda terlebih dahulu harus mendayung menggunakan tangan agar ban terus melaju di air sungai yang tenang. Di medan dengan arus yang deras, ban pelampung akan melaju dengan cepat dan tidak jarang pula berputar-putar mengikuti arus air sungai. Setiap rombongan akan dipandu oleh satu instruktur untuk memastikan keselamatan Anda. Biasanya instruktur akan meminta Anda untuk turun dan menggendong ban pelampung saat memasuki medan yang penuh dengan bebatuan dan sulit untuk dilalui. Hal tersebut agar keamanan tetap terjaga sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, ini dia yang ditunggu-tunggu. Yaitu saat Anda memasuki relung Gua Kalisuci dan Gua Gelatik. Di sinilah pemandangan menakjubkan akan anda temui. Ketika sinar matahari menghilang dan hanya kegelapan gua yang yang tampak. Suasana remang akan semakin terasa karena di kegelapan itu pencahayaan hanya berasal dari lampu senter yang terdapat di helm. Gua Kalisuci dan Gua Gelatik memang sengaja tidak diberi pemerangan. Hal ini untuk menjaga ekosistem yang ada seperti kelelawar yang biasanya bergelantungan di atas gua. Dalam kegelapan gua Anda akan melihat setalaktit yang ada di atap gua yang terus meneteskan air. Di antara setalaktit yang ada, beberapa setalaktit tersebut merupakan batu kristal. Gua pun terlihat warna-warni. Keindahan pemandangan gua yang dipadu dengan kesejukan sungai akan membuat anda merasakan kesahduan yang belum anda rasakan sebelumnya.

Harga Tiket dan Biaya Cave Tubing Kalisuci

Untuk bisa berwisata di tempat ini, Anda hanya ditarik biaya retribusi Rp5.000,00. Sementara untuk penyedia jasa cave tubing, Anda tidak perlu khawatir. Banyak yang menyediakan jasa tersebut di sekitar lokasi wisata. Harga yang dibandrol memang berbeda, kisaran antara Rp65.000,00 sampai dengan Rp70.000,00. Dengan biaya yang terjangkau tersebut Anda telah mendapatkan berbagai fasilitas yang menarik. Mulai dari makan, minum, perlengkapan cave tubing (ban pelampung, jaket, dan helm keselamatan), dan pemandu atau instruktur. Bahkan juga disertai dengan jaminan asuransi. Biasanya peminjaman diberikan secara beregu, lima sampai dengan sepuluh orang per regu. Jika anggota regu sudah komplit, cave tubing bisa dimulai.

Alasan Memilih Wisata Cave Tubing Kalisuci

Bagi Anda yang gemar selfie atau mengabadikan momen, jangan gusar. Di tempat wisata ini terdapat banyak spot yang indah dan menawan untuk dijadikan sebagai lokasi pemotretan. Bisa dilakukan saat perjalanan menuju gua ataupun saat Anda berada di sekitar gua.

Wisata air yang dipadu dengan semi arum jeram tentu akan membuat liburan Anda lebih asyik dan menyenangkan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Anda memilih cave tubing di Kalisuci, Gunungkidul ini menjadi alternatif solusi liburan Anda. Anda tidak akan kecewa. Meskipun waktu yang dibutuhkan untuk cave tubing yang terhitung lama, yakni sekitar dua jam, tidak akan terasa karena keseruan yang terjadi. Kelelahan Anda saat melakukan cave tubing akan terbayar lunas dengan kepuasan dan kesenangan.

Bagaimana, berminat untuk mencoba wisata alam yang satu ini? Jika Anda memang berniat mengisi liburan Anda bersama keluarga, sahabat, atau orang terdekat dengan menghabiskan waktu untuk cave tubing di Kalisuci, pastikan wisata ini sedang dibuka. Ya, hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan wisata cave tubing  Kalisuci adalah memastikan bahwa cuaca sedang cerah dan tidak sedang hujan. Karena jika curah hujan tinggi, wisata ini akan ditutup. Hal ini untuk menjaga keamanan wisatawan. Oleh karena itu, hendaknya Anda menghubungi pengelola wisata yang merupakan penduduk lokal beberapa hari sebelumnya untuk memastikan kondisi sungai. Jangan sampai saat Anda sudah siap untuk menyelami kenikmatan cave tubing dan telah sampai di lokasi, Anda harus gigit jari karena tempat wisata sedang ditutup.

Bagi pecinta wisata air anda juga dapat menikmati keseruan bermain air di waterboom Kawasan Wisata Bojong Sari kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Demikianlah sekilas informasi tentang wisata cave tubing di Kalisuci. Keindahan yang tergambar di atas tentu belum bisa mewakili keindahan dan pesona sesungguhnya. Semoga informasi ini dapat meningkatkan rasa bersyukur terhadap penciptaan Tuhan. Semoga juga bisa menambah referensi berlibur Anda dan wawasan Anda terkait tempat wisata di Yogyakarta. Bisa menjadi alternatif lain saat Anda melancong ke Yogyakarta, bukan saja menyoal gudeg, Candi Borobudur, Prambanan, Malioboro, dan lain sebagainya yang memang identik dengan kota ini. Mampirlah ke daerah wisata di Kulon Progo, Sleman, Bantul, dan Gunung kidul, jangan hanya terpaku di kota Jogja. Jadi, ada alasan lain yang membuat Anda memilih Yogya sebagai tempat berlibur, bukan?

author
Penulis: 
Seorang pendatang baru di dunia blogging, namun telah berpengalaman dalam jasa Review, Placements, Content Writer. I'm Blogger!
  1. author

    Muhammad Kadafi Lestaluhu2 tahun ago

    rekomendasi dah tempat wisata terbaik 😀

    Balas
  2. author

    Muhammad Kadafi Lestaluhu2 tahun ago

    rekomendasi dah tempat wisata terbaik :D, cocok liburan bersamaa keluarga ;D

    Balas
    • author
      Penulis

      admin2 tahun ago

      silahkan berkunjung bersama keluarga anda

      Balas
  3. author

    Ardsiaca2 tahun ago

    kapan bisa kesana sama si doi

    Balas
    • author
      Penulis

      admin2 tahun ago

      kapan saja gan, pasti asik 🙂

      Balas

Tinggalkan pesan "Menyelami Indahnya Cave Tubing Kalisuci Gunung Kidul"

*