Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas SEO

14 comments 1195 views
Cara Tepat Mendapatkan Backlink Berkualitas SEO

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas SEO Backlink artinya tautan menuju ke sebuah situs website yang asalnya dari referensi ataupun rekomendasi situs website lain. Secara singkat, backlink ialah tautan menuju sebuah situs website. Backlink diperoleh melaui cara manual maupun natural. Manual artinya dibuat sendiri pemilik website, sedangkan natural artinya diperoleh melalui rekomendasi orang lain. Supaya memperoleh backlink berkualitas terdapat teknik tertentu. Teknik dalam memperoleh backlink dikenal dengan nama link building.

Peran backlink memang sangat penting untuk pesaingan di search engine saat ini. Namun pembuatan backlink tidak tepat bisa membuat situs website terabaikan dari mesin pencari. Utamanya Google karena sangat sensitif dengan berbagai update algoritmanya.

Backlink dengan cara manual dibagi menjadi dua macam, yaitu white hat dengan black hat. White hat ialah teknik membuat backlink yang sangat disukai search engine Google. Sedangkan, black hat ialah teknik spaming dengan mengelabui Google, tujuannya mempercepat menuju halaman pertama pencarian.

White hat sangat sulit dibuat, sehingga para webmaster terkadang berspekulasi menggunakan teknik black hat meskipun terdapat risiko besar terkena penalti dari Google. Berbeda dengan white hat yang sangat rapi dan aman membuat risiko terkena penalti Google sangat kecil, bahkan tidak terdapat resiko sama sekali.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas SEO

Teknik Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas SEO berikut sering digunakan oleh berbagai pelaku SEO website. Langsung saja baca kemudian di praktekkan :

  1. Mendapatkan Backlink Berkualitas SEO Dari Saling Bertukar Link (Link Exhange)

Mendapatkan Backlink Berkualitas SEO Dari Saling Bertukar Link (Link Exchange)

Link Exchange

Terdapat anggapan jika mendapatkan baclink dengan cara bertukar link dianggap spam dan bisa berakibat buruk, karena bersifat dua arah. Namun dalam pengalaman saya, jika link dibuat pada badan artikel (saling review) sangat berkualitas. Tukarkan link dengan situs yang memiliki tema atau niche sama. Paling penting lagi lihat reputasi dari website, jadi jangan asal-asalan.

  1. Mendapatkan Backlink Berkualitas SEO dengan Teknik footprint

Mendapatkan Backlink Berkualitas SEO dengan Teknik footprint

Teknik footprint

Teknik footprint (jejak) ialah suatu teknik membuat backlink berkualitas sebab sangat bermanfaat untuk menaikkan DA, PA serta trush flow (reputasi terpercaya). Utamanya pada domain .edu serta .gov. Sebab biasanya memiliki reputasi sangat baik dimata mesin pencari serta memiliki DA, PA tinggi. Hal ini tentu wajib dimanfaatkan untuk SEO.

Cara teknik footprint sangat mudah, terdapat format (perintah) khusus untuk mendapatkan berbagai website berkualitas. Diantaranya sebagai berikut:

site: .edu “post a comment” – “comments closed” – “you must be logged in” “Keyword”

site: .gov “post a comment” – “comments closed” – “you must be logged in” “Keyword”

site: .com “post a comment” – “comments closed” – “you must be logged in” “Keyword”

site: .net “post a comment” – “comments closed” – “you must be logged in” “Keyword”

site: .org “post a comment” – “comments closed” – “you must be logged in” “Keyword”

keyword site: .edu inurl:blog “post a comment” -“you must be logged in”

Catatan:

Tulisan tercetak tebal adalah ekstensi domain TLD website tujuan.

Kata “Keyword” diganti dengankata kunci tujuan sesuai niche atau tema website anda. Contoh SEO, Gadget, Teknologi, dll.

Setelah mendapatkan hasil pencarian berbagai website pilihlah di halaman pertama, namun perhatikan juga indikator DA, PA serta Spamnya. Indikator tersebut dapat anda lihat di MOZ. Kemudian berkomentarlah pada website yang anda pilih, jangan lupa sisipkan link pada tempat yang disediakan menaruh URL komentar.

Hal lain perlu diperhatikan ialah jumlah komentar di artikel tersebut, jika terlalu banyak lebih baik memilih yang lainnya, karena kualitasnya menjadi rendah. Paling penting jangan spam, sebab teknik spam sangat dibenci google.

  1. Mendapatkan Backlink Berkualitas SEO Melalui Posting Tamu (Guest Post)

Mendapatkan Backlink Berkualitas SEO Melalui Posting Tamu (Guest Post)

Guest Post

Posting tamu alias guest post adlah sebuah teknik membangun baclink berkualitas secara white hat serta sangat mudah dilakukan. Cara melakukannya bertamu ke website dengan reputasi tinggi serta tersedia space untuk guest post. Buatlah artikel yang relevan serta original kemudian sisipkan beberapa link menuju website anda.

Catatan :

Bacalah baik-baik peraturan yang ditentukan oleh pemilik website. Hal ini untuk menghindari post anda dihapus atau tidak ditampilkan.

Cara mencari website yang menyediakan space Guest Post bisa menggunakan keyword berikut pada pencarian google:

Tema guest post

penulis tamu Tema

Tema write for us

Catatan:

Gantilah kata Tema dengan tema blog Anda.

Sebagai referensi website yang menyediakan guest post diantaranya Sugeng.id, Kizeh.com, dan lainnya.

  1. Mendapatkan Backlink Berkualitas SEO dalam Forum

Forum adalah tempat untuk diskusi mengenai topik tertentu. Dalam forum tersedia fitur posting, komentar serta beberapa menyediakan signature. Kita bisa langsung menaruh link dofollow di dalam artikel, jika forum mengijinkan. Bisa juga menggunakan fitur signature bisa dimanfaatkan untuk menaruh tautan ke website kita sebagai backlink berkualitas. Ingat satu atau dua saja, jangan pernah spam.

Forum yang mengijinkan menaruh akse link dofollow diantaranya Forum.detik.com, Forum.kompas.com, dan lainnya.

  1. Mendapatkan Backlink Berkualitas SEO Lewat Bookmark Sosial

Social bookmark ialah website yang memberikan layanan untuk menyimpan, mengelola, serta berbagi website favorit Anda. Sehingga kita bisa menaruh URL website untuk ditemukan semua orang. Keuntungan yang didapat adalah baclink serta bonus trafik gratis.

Website Social bookmark yang sering saya gunakan adalah Digg.com, Reddit.com serta Log.viva.co.id.

  1. Mendapatkan Backlink Berkualitas SEO dari Media Sosial

Belakangan ini MOZ meneliti jika Google juga memberi nilai kualitas situs dari tautan yang terbangun pada website media sosial. Biasanya disebut dengan social signal. MOZ menyatakan jika media sosial mempengaruhi nilai sebesar 5%.

Anda dapat menggunakan media sosial milik search engine terbesar google dengan google plus maupun sosial media terpopuler seperti Facebook, Twitter, dan lainnya. Followers atau likers pada halaman media sosial semakin banyak, maka semakin tinggi backlink berkualitas yang dipasang. Dengan banyaknya follower tentu semakin banyak interaksi dan traffik pengunjung website meningkat.

  1. Mendapatkan Backlink Berkualitas SEO Dari Website Berbagi Dokumen (Document Sharing)

Website document sharing memberikan sebuah layanan untuk mengungah serta membagikan sebuah berkas ke publik maupun privat. Jadi anda tinggal membuat dokumen original dan bermanfaat, sisipkan link ke web anda kemudian di share. Setelah share kemudian bagikan ke semua media sosial.

Untuk mendapatkan daftar website dofollow document sharing bisa mencari di google dengan keyword “daftar website document sharing dofollow”.

  1. Mendapatkan Backlink Berkualitas SEO Memanfaatkan Broken Link Building

Mendapatkan Backlink Berkualitas SEO Memanfaatkan Broken Link Building

Broken Link Building

Broken link adalah link keluar yang rusak atau error dari sebuah situs ke situs lainnya. Indikator paling mudah saat anda klik link keluar tersebut akan mucul error 404. Baclink jenis ini sangat natural, sehingga efektif serta sangat berkualitas.

Teknik broken link building sering dimanfaatkan pakar SEO. Cara membangun backlink dengan teknik ini carilah broken link di berbagai website, kemudian minta pada adminnya mengganti URL artikel anda. Syaratnya harus relevan isi website dengan link anda supaya backlink lebih berkualitas.

  1. Mendapatkan Backlink Berkualitas SEO Memanfaatkan Redirect 301

Mendapatkan Backlink Berkualitas SEO Memanfaatkan Redirect 301

Redirect 301

Redirect 301 merupakan teknik dengan melakukan pengalihan link antar domain secara permanen. Pengalihan bisa secara internal atau eksternal. Jenis pengalihan link sebenarnya banyak, namun yang memberikan backlink berkualitas tinggi (juice) hanya pengalihan 301.

Redirect 301 bisa anda dapatkan dari berbagai layanan URL Shortener, siantaranya goo.gl, bit.ly, dan lainnya. Untuk melakukan pengecekan pengalihan 301 dapat di cek menggunakan tools Search Engine Friendly Redirect Checker. jika status warnanya merah bukan 301, sedangkan staus warna hijau adlah pengalihan 301.

  1. Mendapatkan Backlink Berkualitas SEO Memanfaatkan Web 2.0

Teknik backlink menggunakan Web 2.0 merupakan teknik ampuh yang digunakan semua orang untuk optimasi SEO. Hal ini disebabkan link permanen dan bisa kita atur sesuai kebutuhan, terlebih banyak penyedia fasilitas Web 2.0 gratis. Diantaranya Blogger, WordPress, Webbly dan lainnya. Untuk kualitas maksimal buatlah blog di berbagai macam web 2.0, jangan terpaku pada satu platform.

Terdapat dua teknik untuk memperoleh baclink dari web 2.0, yaitu memakai blog zombie dan memakai domain dengan keyword khusus. Untuk penerapannya sebagai berikut:

Menggunakan blog zombie

Blog zombie merupakan blog yang telah hilang karena dihapus pemiliknya atau dibanned Google akibat melanggar TOS. Blog yang sudah dihapus ini terkadang masih memiliki kualitas DA, PA serta backlink dengan jumlah banyak. Namun tidak semua blog zombie meninggalkan kualitas tinggi, jadi harus selektif dalam memilihnya.

Cara memasang backlink website utama, buatlah artikel yang disisipi link ke website utama. Supaya lebih maksimal dan tidak dianggap spam buatlah artikel minimal 20 terlebih dahulu dalam blog tersebut.

Domain dengan kata kunci khusus

Caranya dengan membuat blog baru dengan nama domain sesuai keyword website utama. Contoh untuk website OTIN menggunakan keyword “jasa review berkualitas”, anda bisa membuat domain jasareviewberkualitas.blogspot.co.id. Kemudian lakukan posting artikel relevan dan sisipkan baclink menuju website utama. Ingat isi minimal 20 artikel terlebih dahulu untuk mengantisipasi penalti akibat terdeteksi spam oleh algoritma penguin dan panda milik google.

  1. Mendapatkan Backlink Berkualitas SEO dengan Mengintip Backlink Kompetitor

Teknik ini dapat dilakukan dengan menganalisa sumber baclink website kompetitor. Kemudian lakukan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) teknik pemilik situs web dalam melakukan pembangunan baclink.

Untuk menganalisis sumber backlink website kompetitor bisa menggunakan beberapa tools backlink checker diantaranya Ahrefs, OpenLinkprofiler dan lainnya. Saya biasa menggunakan Ahrefs sebab datanya lengkap serta selalu update tiap hari. Alternatifnya menggunakan Open Link Profiler sebab bisa menilai backlink diperoleh menyesuaikan dengan DA, PA setiap domain backlink.

  1. Mendapatkan Backlink Berkualitas SEO Melalui Tier Link Building

Tier adalah teknik mendapatkan backlink ke website lain (dummy) secara berulang baru akhirnya baru ke website utama. Teknik bisa dibilang teknik spam, sehingga jika berlebihan menerapkannya bisa berakibat buruk untuk website utama.

Terdapat dua teknik untuk melakukan tier link, diantaranya:

Wheel

Wheel adalah teknik membuat backlink yang mirip alur roda (wheel). Namun untuk saat ini jangan pernah mencobba teknik ini, karena google telah menganggapnya sebagai spam.

Pyramid

Mendapatkan Backlink Berkualitas SEO Melalui Tier Link Building

Tier Link Building Teknik pyramid

Teknik backlink ini mirip dengan alur pyramid. Selain pembuatannya mudah, hasil bacllink teknik ini juga sangat berkualitas.

Cara menerapkannya dengan membuat artikel di website utama. Kecuali jika baclink ditujukan ke hompage website, tidak perlu lagi membuat artikel. Kemudian buatlah artikel di blog dummy, artikel harus relevan atau sesuai dengan tema optimasi baik artik maupun hompage website utama.

Optimasi blog dummy dengan submite ke sosial bookmark atau share ke forum dan media sosial. Untuk menambah efek pyramid bisa buat blog dummy lain yang sesuai tema kemudian sisipkan backlink ke blog dummy sebelumnya.

Catatan:

Untuk menghindari anggapan spam oleh google, sebaiknya artikel pada blog dummy tidak disubmite ke Google Webmaster, jadi biarkan artikel tersebut dirayapi mesin pencari secara natural.

  1. Mendapatkan Backlink Berkualitas SEO dengan Membeli Jasa Backlink

Saat ini sudah menjamur website menawarkan jasa review berkualitas yang siap memberikan anda backlink berkualitas tinggi dari web mereka. Untuk memperoleh jasa review berkualitas terbaik, bisa mencari di Google menggunakan keyword “jasa review berkualitas“. Untuk mendapatkan jasa review yang sesuai di kantong bisa menggunakan keyword “Jasa Review Cerdas Pantas Ikhlas” pada pencarian google, karena anda bisa memberikan tawaran harga seikhlasnya asalkan wajar.

Selain menggunakan jasa review, banyak juga orang yang menjual jasa backlink. Untuk hal ini anda harus sangat hati-hati dalam menentukan pilihan, karena kita tidak benar-benar tahu darimana asal baclink yang mereka peroleh. Jika benar-benar berkualitas tentu sangat mendongkrak posisi website kita di halaman pencarian, namun jika sebaliknya website kita bisa semakin tenggelam. Untuk mendapatkan jasa baclink yang telah dipercaya kualitasnya bisa anda baca pada artikel Jasa SEO Backlink Murah dan Berkualitas.

Saya rasa sudah terangkum semua teknik membuat baclink berkualitas yang sering digunakan para master SEO baclink. Ingatlah, buat backlink senatural mungkin. Supaya Google menilai backlink anda berkualitas tinggi. Meskipun sulit, namun efeknya sangat besar. Satu backlink SEO berkualitas jauh lebih baik daripada ratusa backlink spam.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas SEO

Cara Mencari Backlink Berkualitas SEO

Cara Membuat Backlink Berkualitas SEO

Backlink Berkualitas

author
Penulis: 

Seorang pendatang baru di dunia blogging, namun telah berpengalaman dalam jasa Review, Placements, Content Writer.
I’m Blogger!

  1. Jasa SEO Backlink Murah dan Berkualitas | OTIN2 tahun ago

    Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas SEO, bisa menggunakan jasa baclink. Contohnya Jasa SEO Backlink Murah dan Berkualitas.

    Balas
  2. author

    Marcellina Yoanita2 tahun ago

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Teknologi. Teknologi merupakan suatu ilmu yang sedang berkembang di zaman yang sudah maju sekarang ini. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai Teknologi yang dapat dilihat di ejournal.gunadarma.ac.id

    Balas
    • author
      Penulis

      admin2 tahun ago

      Terimakasih atas kunjungan dan respon positif tentang web kami, siap untuk berkunjung balik.
      Tolong jangan menaruh link aktif di komentar, untuk mendapatkan backlink dofollow silahkan baca di Jasa Review Berkualitas

      Balas
  3. author

    tejo1 tahun ago

    makasih gan infonya dan salam sukses

    Balas
    • author
      Penulis

      admin1 tahun ago

      sama-sama gan, salam sukses juga

      Balas
  4. author

    jasa mural jakarta1 tahun ago

    makasi om admin informasi cara mendapatkan backling berkualitas seo nya

    Balas
    • author
      Penulis

      admin1 tahun ago

      Sama-sama, terimakasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat!

      Balas
  5. author

    Aplikasi Pajak pemda1 tahun ago

    Artikelnya menarik, semoga saling bermanfaat.

    Balas
  6. author

    Minyak Ikan Salmon10 bulan ago

    Terimakasih gan, udah ane coba… tenyata bener ada beberapa yang naik gan..,. Oh iya, ane mau nanya, Kalau dummy itu apaan si gan ? Ane nyari referensi di google banyak keterangan yang kurang jelas gan, mohon petunjuk hehe…

    Balas
    • author
      Penulis

      admin10 bulan ago

      maksud Blog Dummy itu secara simplenya, merupakan blog atau website yang sengaja dibuat untuk menguatkan SEO blog utama, biar bisa nangkring di page 1. Caranya memberikan backlink ke blog utama.
      Tapi jangan asal membuat blog dummy, karena kalau salah langkah bisa membuat blog utama terjun bebas dari page 1 yang di harapkan. Blog dummy juga butuh perawatan seperti blog utama.
      semoga membantu, hehe.

      Balas
  7. author

    setyo budi1 bulan ago

    Artikel yang bermanfaat bagi saya yang masih pemula, di tunggu artikel2 yang lainnya..

    Balas
    • author
      Penulis

      admin3 minggu ago

      alhamdulillah tulisan saya bisa bermanfaat. untuk update artikel silahkan bookmark ohthatisnice.com

      Balas
  8. author

    software Akuntansi3 minggu ago

    Thank you for another informative blog. The place else ould I get that kinhd of info written in such an idedal means?
    I’ve a venture that I am simply now working on, and I have beeen on the look out ffor such
    info.
    seragam mahasiswa sekolah tiinggi akunntansi negara

    Balas
  9. author

    Diana Putry2 minggu ago

    Informasi menarik

    Balas

Tinggalkan pesan "Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas SEO"

*