Ayo Wisata ke Banjarnegara, Nikmati Curug Sikopel 70 Meter

1 komentar 794 views
Ayo Wisata ke Banjarnegara, Nikmati Curug 70 Meter Sikopel

Ayo Wisata ke Banjarnegara, Nikmati Curug Sikopel
sumber : Mari Ngetrip

Ayo Wisata ke Banjarnegara, Nikmati Curug 70 Meter Sikopel – Saat mendengar destinasi wisata di Kabupaten Banjarnegara semua mata langsung tertuju pada pesona wisata dataran tinggi Dieng. Dengan tujuan utama kawah air belerang ataupun danau pelangi yang menyuguhkan pesona warna air berubah-ubah. Padahal ada banyak destinasi wisata air begitu indah serta alami di bawah kawasan Dieng, yaitu Curug Sikopel.

Disbudpar Banjarnegara dengan tagline “ Mayuh Plesir Maring Banjarnegara atau Ayo Wisata ke Banjarnegara ”, bertujuan mengangkat destinasi wisata baru untuk menyejajarkan ketenarannya dengan destinasi wisata dataran tinggi dieng. Salah satu diantaranya adalah curug Sikopel. Curug Sikopel akan membuat anda kagum karena memiliki ketinggian 70 meter. Selain menikmati kesegaran dari air terjun serta indahnya pemadangan alami, anda memiliki kesempatan untuk menyaksikan kawanan kera liar.

Ayo Wisata ke Banjarnegara Sekaligus Mengenal Hubungan Erat Curug Sikopel dengan Banjarnegara

Keberadaan Curug Sikopel tidak dapat dilepaskan dengan sejarah Banjarnegara. Berdasarkan cerita masyarakat disekitarnya, salah satu bupati paling kharismatik Banjarnegara yaitu R. Aria Soemitro Kolopaking dahulu sering berkunjung. Kedatangannya untuk melaksanakan laku tirakat melalui semedi didalam gua yang terletak persis di balik tingginya air terjun. Ketika bersemedi, Ia memperoleh kopel kuda (tali pengatur untuk mengendalikan kuda).

Karena bupati Soemitro memperoleh kopel disana, membuat air terjun atau curug ini diberi nama Sikopel. Jadi hubungan erat antara curug Sikopel dengan kabupaten Banjarnegara terjadi melalui orang nomor satu Banjarnegara tersebut.

Ayo Wisata ke Banjarnegara Menuju Alamat Curug Sikopel

Air terjun atau curug Sikopel berada di wilayah desa Babadan, Pagentan, Banjarnegara, Jawa Tengah. Tepatnya 8 km arah barat Kantor Kecamatan Pagentan. Jika dituju dari area wisata Dieng hanya butuh waktu kira-kira sekitar satu jam. Menggunakan kendaraan pribadi bisa sampai di depan gerbang masuk, kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki.

Ayo Wisata ke Banjarnegara dan Ketahui Tarif Retribusi Masuk Curug Sikopel

Untuk memasuki kawasan wisata ini, biayanya termasuk sangat terjangkau untuk semua kalangan pengunjung. Untuk nikmati keindahan dari Curug Sikopel hanya dikenai retribusi sebesar Rp. 2.000.

Ayo Wisata ke Banjarnegara untuk Nikmati Pesona Curug Sikopel

Saat berkendara menuju lokasi wajib berhati-hati, sebab medan jalannya berkelok-kelok khas kontur perbukitan yang lumayan sulit dengan banyak tikungan tajam maupun tanjakan terjal. Selain itu, ketika hujan jalan menjadi sangat licin. Jadi pastikan kondisi kendaraan kalian, terutama ban wajib diperhatikan.

Ketika memasuki gerbang curug Sikopel, telah terdengar dengan sangat jelas suara gemuruh air terjun. Di sekitar gerbang kita langsung dapat nikmati pemandangan khas dari alam pedesaan serta aktifitas para warga yang berada di daerah pegunungan sejauh perjalanan dari gerbang menuju ke lokasi. Keramahan masyarakat sekitar sangat terlihat ketika kta berpapasan.

Selama perjalanan ke bawah air terjun, jika beruntung bisa bertemu dengan kawanan kera. Biasanya mereka muncul pada pagi dan sore hari di sepanjang jalan setapak menuju ke air terjun maupun lahan perkebunan milik warga untuk mencari makanan. Karena kawanan kera tersebut masih liar kita tidak dapat mendekati secara langsung untuk sekedar memberikan makanan. Terkadang kera tersebut akan langsung menjauh begitu mereka melihat manusia.

Curug Sikopel mempunyai ketinggian kurang lebih 70 meter serta kedalaman kolamnya sekitar 10 meter. Tempat ini tawarkan panorama alami yang sangat sejuk serta asri ditambah lagi kesegaran dari jatuhan air yang berhulu dari Kawah Sileri.

Tentu begitu cocok jika dinikmati bersama dengan keluarga, teman ataupun kerabat menghabiskan liburan akhir pekan. Kalian bisa bermain air ataupun mandi di kolam bawah air terjun ini. Suasana begitu sejuk serta tenang karena didukung oleh udara yang begitu bersih terbebas dari polusi. Karena dikelilingi oleh hamparan hijaunya tumbuhan hutan sekitar air terjun.

Bagi kalian pecinta wisata air tidak lengkap jika belum rasakan dinginnya air dari Curug Sikopel dengan berendam, sambil membiarkan seluruh tubuh kalian dibasahi air. Sebab menurut kepercayaan warga sekitat, air dari curug ini bisa membuat awet muda.

Selain air terjun kalian juga dapat menikmati sebuah Goa dibalik curug. Di dalam Goa terdapat banyak tikus putih, menurut warga sekitar tikus tersebut sangat jarang ditemui di lokasi manapun.

Air terjun ini saat liburan banyak dikunjungi wisatawan, tak jarang mereka bawa pulang air curug dengan cara memasukkan ke sebuah botol ataupun wadah khusus bawaannya. Kesegaran dari air Curug Sikopel jadi sugesti tersendiri ketika meminumnya. Selain para wisatawan lokal dari Banjarnegara, banyak juga wisatawan berasal dari sejumlah daerah bahkan kota-kota besar juga sering datang menikmati pesona Curug Sikopel.

Ayo Wisata ke Banjarnegara dan Nikmati Fasilitas Pendukungnya

Fasilitas pendukung curug Sikopel sudah lumayan memadai. Untuk pemburu matahari pagi, bisa menyewa penginapan di sekitar curug. Indahnya matahari pagi akan langsung menyapa kalian saat keluar dari penginapan, ditambah kesejukan udara alam sekitar.

Ayo Wisata ke Banjarnegara dengan Tetap Memperhatian Peringatan Berikut

Hati-hati saat berkunjung ke kawasan wisata curug Sikopel, selalu tanyakan info kepada penjaga apakah situasi air terjun aman. Sebab jika di hulu hujan lebat, aliran air dapat secara tiba-tiba begitu deras. Selain itu slalu jaga kebersihan area wisata, jangan buang sampah sembarangan atupun merusak ekosistem sekitar.

Ayo Wisata ke Banjarnegara Menuju Wisata Terdekat dari Curug Sikopel

Wisata air terjun alami menarik lain serta wajib untuk kalian kunjungi di lokasi terdekat adalah Curug Pitu. Letaknya di Desa Kemiri, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara. Tunggu apa lagi? Ayo jalan-jalan ke Banjarnegara, referensi destinasinya pilih di sini Destinasi Wisata Terbaik Banjarnegara.

author
Penulis: 
Seorang pendatang baru di dunia blogging, namun telah berpengalaman dalam jasa Review, Placements, Content Writer. I'm Blogger!
  1. author

    jaka2 tahun ago

    makasih bos infonya dan sangat bermanfaat

    Balas

Tinggalkan pesan "Ayo Wisata ke Banjarnegara, Nikmati Curug Sikopel 70 Meter"

*