5 Festival Tahunan Unik Dan Seru Di Kota Makassar

Tidak ada komentar 5 views
5 Festival Tahunan Unik Dan Seru Di Kota Makassar

5 Festival Tahunan Unik Dan Seru Di Kota Makassar
Photo: runsociety.com

Selalu ada banyak hal menarik yang bisa diceritakan, saat berkunjung ke sebuah destinasi baru. Selain menjelajahi berbagai tempat-tempat wisatanya, mengelilingi kota sambil berbaur dengan warga lokal juga bisa menjadi suatu kegiatan seru yang patut anda coba. Atau Anda lebih senang berwisata di tengah keramaian seperti festival kebudayaan? Kota Makassar adalah salah satu destinasi yang tepat bagi anda. Selain kekayaan wisata bahari ataupun kulinernya, kota Makassar juga memiliki beberapa festival-festival tahunan yang menarik. Dengan ikut larut dalam meriahnya sebuah perayaan festival, tentu akan menjadi memori serta pengalaman yang berbeda dari perjalanan sebelumnya. Berikut, 5 festival tahunan yang bisa anda kunjungi ketika berlibur ke kota Makassar.

● Makassar Running Festival

Makassar Running Festival atau Festival Makassar Berlari merupakan festival tahunan yang dilaksanakan sebagai bentuk perayaan ulang tahun kota Makassar. Setiap perayaan ulang tahun, kota Makassar sengaja membuat perayaan dengan membuat festival berlari dengan tujuan agar semua warga Makassar, mulai tanpa padang umur dari yang tua sampai yang muda, semuanya bisa ikut merasakan euforia pesta ulang tahun kota Makassar. Selain untuk perayaan berpesta, berlari juga memiliki manfaat yang positif bagi para peserta. Jika anda berkunjung ke Makassar, dan datang saat bertepatan dengan festival ini, anda juga dapat ikut berpartisipasi. Selain membakar kalori, sekaligus juga dapat mengetahui suasana kota Makassar, karena rute yang dilewati merupakan rute-rute wisata favorit para pelancong, seperti: Pantai Losari, Benteng Rotterdam, Gedung Kesenian (Societte de Harmoni), Lapangan Karebosi, dan Monumen Mandala. Tertarik? Info selengkapnya dapat Anda cek di website http://www.makassarrunningfestival.com rel=’nofollow’.

● Makassar International Writers Festival

Selain diadakan di Ubud, Bali, festival para penulis internasional juga dilaksanakan di Makassar. Ini adalah salah satu festival yang merupakan tempat berkumpulnya para penulis, baik para penulis lokal maupun mancanegara. Selain tempat berkumpulnya para penulis, festival ini juga sebagai ajang berkumpulnya para pembaca juga para penikmat karya sastra. Tujuan dari festival ini diharapkan dapat menumbuhkan bakat menulis para warga Makassar. Dalam acara Makassar International Writers Festival, terdapat beberapa rangkaian acara, dan salah satunya adalah workshop penulisan. Bertempat di Fort Rotterdam, para pengunjung yang bukan peserta workshop pun dapat ikut menikmati festival ini. Anda bisa membeli ataupun sekedar membaca di stand-stand penerbit buku, hingga membaca koleksi buku-buku jadul di area perpustakaan mini. Tertarik? Untuk pendaftaran sebagai peserta workshop, serta melihat jadwal acara, bisa anda lihat di http://www.makassarwriters.com rel=’nofollow’.

● Makassar Traditional Games Festival

Festival unik lainnya yang diadakan di kota Makassar adalah festival permainan tradisional. Acara yang diadakan di Benteng Sombo Opu, Gowa, ini diperuntukkan bagi anak-anak daerah Sulawesi Selatan yang ingin mengenang kembali ataupun mengenal permainan-permainan tradisional, dengan tujuan untuk melestarikan kembali permainan-permainan tradisioanal, yang saat ini mulai tergeser oleh permainan di perangkat digital. Ada banyak permainan tradisional yang dapat Anda temui dalam festival ini, mulai dari ma’goli (kelereng), maccukke (mencungkil kayu), mallongga (engrang), ma’benteng (perang benteng), dan masih banyak lagi. Semua jenis permainan yang berada di festival ini pun dapat Anda mainkan secara gratis! Selain permainan tradisional, para pengunjung yang datang juga akan ditawarkan cemilan-cemilan jadul yang sudah mulai langka. Jika ingin mengikuti festival ini, anda bisa ikut berpartisipasi dengan menggunakan pakaian tradisional daerah. Dan jangan heran ketika bertandang ke festival ini, anda akan melihat panitia acara ataupun pengunjung yang menggunakan busana adat. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa follow akun twitter @jalan2seru_mksr yang merupakan penyelenggara acaranya.

● Makassar Jazz Festival
Ingin menikmati suasana malam hari di Makassar sambil ditemani alunan musik jazz? Makassar Jazz Festival tempatnya. Kemeriahan dalam festival ini, tidak saja dimeriahkan oleh penampilan apik dari para pemusik jazz lokal, namun juga para musisi jazz mancanegara. Festival ini berlokasi di Fort Rotterdam, dengan tata panggung yang menakjubkan, ditambah dengan pencahayaan yang spektakuler, berhasil memikat para pengunjung untuk ikut larut dalam alunan musik, yang didominasi oleh permainan saxophone. Untuk pemesanan tiket dan jadwal pertunjukan, anda bisa unjungi situs http://www.makassarjazzfestival.com rel=’nofollow’ untuk informasi lebih lanjut.

● Soundset Festival Makassar

Sedikit berbeda dengan Makassar Jazz Festival, Soundset festival mengusung konsep festival musik yang dipadukan dengan berbagai macam acara, seperti; garage sale, picnic park, dan food festival. Acara ini digelar di benteng Rotterdam yang bertempat di jalan pasar Ikan. Dengan konsep outdoor, para pengunjung dengan leluasa bisa menikmati perpaduan antara alam, sejarah, dan budaya. Selain mendapatkan kepuasaan berbelanja murah di area garage sale, pengunjung juga bisa menikmati berbagai macam kuliner yang tersedia di area food festival sambil menyaksikan langsung music performance. Ini merupakan festival tahunan yang meriah dan momen yang bagus untuk bisa berbaur dengan para warga lokal. Berniat untuk datang ke festival ini? Anda bisa follow akun Jangan twitter @soundset_mks untuk informasi lebih lanjut.

Dari 5 festival diatas, mana yang paling menarik perhatian anda? Sebelum bertandang ke Makassar, jangan lupa untuk sesuaikan jadwal kunjungan dengan jadwal festival. Temukan juga promo hotel murah di Makassar. Lakukan pemesanan hotel di Makassar melalui situs reservasi.com. Siap berpesta bersama warga lokal Makassar?

author
Penulis: 

    Tinggalkan pesan "5 Festival Tahunan Unik Dan Seru Di Kota Makassar"

    *